oleh

Kebijakan PPKM Dilonggarkan Disdikbud Pati Bakal Gelar Pentas Seni

Pati, SMJTimes.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati rencananya akan menggelar pentas seni untuk siswa yang mengikuti Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di bulan November mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Paryanto mengatakan kalau sudah boleh pentas terbuka pihaknya merencanakan pementasan di beberapa lokasi.

“Kami rencananya kalau sudah boleh pentas terbuka, sudah live bebas, dan penonton sudah bisa lihat secara terbuka kami pentaskan di beberapa lokasi,” ungkapnya saat ditemui di kantornya.

Jadi seperti tahun 2018, pihaknya pentas di satu titik. “Kami pentas di alun-alun eks Kawedanan. Misalnya Tayu, kita main di alun-alun Tayu. Jadi eks Kawedanan Tayu kita mainkan di sana, mulai dari Kecamatan Tayu, Dukuhseti, Margoyoso, Gunungwungkal, dan Cluwak kita pentaskan di satu titik,” katanya.

Baca Juga :   Dukung Food Estate, Puluhan Petani Pati Ikuti Diklat

Ia menegaskan pentas seni untuk siswa merupakan salah satu sarana Disdikbud Kabupaten Pati untuk memberitahukan kepada masyarakat. Supaya masyarakat atau anak-anak yang lain tertarik dengan kesenian.

“Ini loh anak-anak ternyata masih bisa main karawitan dan ini loh anak-anak bisa menjadi penari,” sambungnya.

Kemudian apabila tidak bisa pentas secara terbuka, Disdikbud Pati akan melaksanakan pentas secara virtual di Aula semua. Aula sudah di atur sejak pandemi tahun 2020.

“Kita sudah mengatur Aula itu menjadi tempat pentas virtual tanpa penonton. Jadi pentas terbatas,” ujarnya.

Saat pentas virtual jadi dilaksanakan, akan membutuhkan waktu diatas 10 hari. Karena rata-rata perhari ada 5 sekolah yang tampil.

Baca Juga :   Dewan Soroti Potensi Kerumunan Pencairan Dana BST

“Rata-rata durasi 2 jam per sekolah, misalkan sekolah ketoprak main 2 jam, wayang kulit sekitar 1,5 jam sampai 2 jam. Durasi dari pementasan anak-anak nanti sekitar 2 jam,” ucapnya.

“Katakanlah kita mulai jam 09.00 WIB sampai 22.00 WIB, itu satu hari mungkin hanya 5 sampai 6 sekolah. Kalau 65 sekolah, berarti kan sekitar 12-13 hari, hitungannya bertahap. Seperti tahun yang lalu di tahun 2020 kita pentaskan secara virtual,” jelasnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang Mitrapost.com dengan judul “Disdikbud Pati Gelar Pentas Seni Untuk Siswa November Mendatang”

Komentar

News Feed