oleh

Cegah Risiko Kanker Payudara, Konsumsi 9 Jenis Makanan Berikut

SMJTimes.com Kanker payudara adalah kanker yang terbentul di jaringan payudara. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan di sekitarnya.

Kanker payudara terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu atau di saluran yang membawa air susu dari kelenjar puting payudara. Kanker juga dapat terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara. Berikut ini beberapa makanan yang dapat menurunkan resiko terserang kanker payudara.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah analisis dari 8 penelitian terhadap lebih dari 7.000 orang menemukan bahwa wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko kanker payudara yang berkurang secara signifikan, dibandingkan dengan wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih rendah.

Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa asupan folat yang tinggi, vitamin B yang terkonsentrasi pada sayuran berdaun hijau, dapat melindungi terhadap kanker payudara.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk penuh dengan senyawa yang dapat melindungi terhadap kanker payudara, termasuk folat, vitamin C, dan karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten, ditambah antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin.

Baca Juga :   Peduli Sesama, Rumah Makan Rakjat Pati Salurkan Bantuan Bagi Warga Isoman

Nutrisi ini memberikan efek antioksidan, antikanker, dan anti-inflamasi. Faktanya, penelitian mengaitkan buah jeruk dengan penurunan risiko banyak kanker, termasuk kanker payudara.

Sebuah tinjauan dari 6 penelitian di lebih dari 8.000 orang mengaitkan asupan jeruk yang tinggi dengan pengurangan 10 persen risiko kanker payudara. Buah jeruk termasuk jeruk, jeruk bali, lemon, limau, dan jeruk keprok.

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak, termasuk salmon, sarden, dan mackerel, dikenal karena manfaat kesehatannya yang mengesankan.

Lemak omega-3, selenium, dan antioksidan seperti canthaxanthin dapat menawarkan efek perlindungan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan ikan berlemak secara khusus dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Sebuah analisis besar dari 26 penelitian pada 883.000 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan tertinggi sumber makanan laut omega-3 memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 14 persen, dibandingkan dengan mereka yang makan dalam jumlah rendah.

  1. Berry

Menikmati buah beri secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Antioksidan buah beri, termasuk flavonoid dan antosianin, telah terbukti melindungi terhadap kerusakan sel, serta perkembangan dan penyebaran sel kanker. Khususnya, sebuah penelitian pada 75.929 wanita mengaitkan asupan berry yang lebih tinggi – dan khususnya blueberry – dengan risiko kanker payudara reseptor estrogen negatif (ER−) yang lebih rendah.

  1. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, miso, dan asinan kubis mengandung probiotik dan nutrisi lain yang dapat melindungi dari kanker payudara. Sebuah tinjauan dari 27 penelitian mengaitkan produk susu fermentasi, seperti yogurt dan kefir, dengan penurunan risiko kanker payudara pada populasi Barat dan Asia.

Baca Juga :   Ketiga Putri Alm H. Imam Suroso Lanjutkan Pesan Bapaknya untuk Bermanfaat Bagi Sesama

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa efek perlindungan ini terkait dengan efek peningkatan kekebalan dari probiotik tertentu

  1. Sayuran Allium

Bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang adalah sayuran allium yang memiliki berbagai nutrisi, termasuk senyawa organosulfur, antioksidan flavonoid, dan vitamin C. Ini mungkin memiliki sifat antikanker yang kuat. Sebuah penelitian pada 660 wanita di Puerto Rico mengaitkan asupan bawang putih dan bawang merah yang tinggi dengan penurunan risiko kanker payudara.

  1. Persik, apel, dan pir

Buah-buahan – khususnya buah persik, apel, dan pir – telah terbukti melindungi dari kanker payudara. Dalam sebuah penelitian pada 75.929 wanita, mereka yang mengonsumsi setidaknya 2 porsi buah persik per minggu memiliki risiko 41 persen lebih rendah terkena kanker payudara ER-.

Menariknya, sebuah penelitian tabung mengungkapkan bahwa antioksidan polifenol dari buah persik menghambat pertumbuhan dan penyebaran garis sel kanker.

  1. Kacang

Kacang sarat dengan serat, vitamin, dan mineral.  Secara khusus, kandungan seratnya yang tinggi dapat melindungi dari kanker payudara. Sebuah penelitian pada 2.571 wanita menemukan bahwa asupan kacang tinggi mengurangi risiko kanker ini hingga 20 persen, dibandingkan dengan asupan kacang rendah.

Baca Juga :   Raperda Tentang Pasar Rakyat dan Perseroda Kini Telah Ditetapkan Sebagai Perda

Selain itu, dalam sebuah penelitian pada 1.260 wanita Nigeria, mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan tertinggi memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 28 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kacang terendah.

  1. Herbal dan rempah-rempah

Herbal dan rempah-rempah seperti peterseli, rosemary, oregano, thyme, kunyit, kari, dan jahe mengandung senyawa tanaman yang dapat membantu melindungi dari kanker ini.

Ini termasuk vitamin, asam lemak, dan antioksidan polifenol. Misalnya, oregano mengandung antioksidan carvacrol dan asam rosmarinic, yang menurut penelitian tabung menunjukkan efek antikanker yang signifikan terhadap garis sel kanker payudara agresif.

Kurkumin, senyawa aktif utama dalam kunyit, juga telah menunjukkan sifat antikanker yang signifikan, seperti halnya apigenin, flavonoid yang terkonsentrasi dalam peterseli. (*)

Komentar

News Feed