oleh

Segudang Manfaat Anggur bagi Kesehatan

SMJTimes.com – Tak hanya memiliki rasa yang enak, anggur juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Salah satunya kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Buah anggur mengandung 1.600 senyawa alami yang baik bagi tubuh. Buah bercitarasa manis dengan asam ini juga diperkaya dengan vitamin C, B6, A, K, mineral kalium dan mangan.

Selain itu, anggur termasuk makanan rendah kalori. Berikut ini beragam manfaat anggur bagi kesehatan.

  1. Mencegah penyakit kronis

Buah anggur mengandung antioksidan penting seperti antosianin, polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, lutein, likopen, dan asam ellagic yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis.

Kandungan antioksidan buah anggur merah lebih banyak ketimbang anggur hijau atau warna lainnya. Senyawa penting ini paling banyak ditemukan di kulit atau biji anggur. Seperti diketahui, antioksidan memainkan peran penting dalam memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas pemicu stres oksidatif.

Baca Juga :   Ancaman Gula Bagi Tubuh

Stres oksidatif selama ini menjadi biang sejumlah penyakit kronis seperti diabetes, kanker, sampai penyakit jantung.

  1. Mencegah kanker

Senyawa antioksidan resveratrol, quercetin, antosianin, dan katekin potensial untuk membantu mencegah sekaligus mendukung pengobatan penyakit kanker.

Antioksidan ini bisa membantu melawan kanker dengan cara mengurangi peradangan, menghalangi pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian terbatas maupun laboratorium membuktikan manfaat anggur ini potensial melawan penyakit kanker usus dan kanker payudara.

  1. Menurunkan tekanan darah

Anggur memiliki kandungan kalium yang mampu mencukupi enam persen kebutuhan kalium harian.

Mineral ini diperlukan untuk mengontrol kadar tekanan darah. Kurangnya asupan kalium rentan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan senyawa resveratrol juga dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi dengan mengikat kolesterol.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Anggur nengandung kadar gula yang rendah meskipun memiliki cita rasa manis. Selain itu, manfaat anggur terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  1. Menjaga kesehatan mata

Anggur bisa mencegah kerusakan retina, menurunkan risiko gangguan penglihatan degenerasi makula terkait usia, mencegah katarak dan glaukoma, serta melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar biru.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Senyawa antioksidan anggur membantu melindungi kesehatan dan fungsi sel penunjang sistem daya tahan tubuh. Buah ini juga terbukti bisa melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, atau jamur tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan khasiat anggur berguna untuk melawan penyakit flu, menghentikan penyebaran virus herpes, cacar air, infeksi jamur, dan mencegah perkembangan bakteri E.coli.

Baca Juga :   5 Alternatif Film Mengenang Peristiwa 65 Selain G30S/PKI

Komentar

News Feed