oleh

Tingkatkan Pertumbuhan Otak Anak, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi

SMJTimes.com – Nutrisi sangat penting dalam membantu Pertumbuhan Otak anak-anak. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak dalam pembelajaran.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kemampuan kerja otak anak.

  1. Telur

Penelitian menunjukkan bahwa kolin sangat penting untuk perkembangan bayi dan fungsi otak. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa orang-orang di Amerika Serikat mencapai asupan kolin mereka dengan mengonsumsi telur.

Menurut penelitian, kuning telur mengandung 125 miligram (mg) kolin yang setara dengan setengah kebutuhan untuk anak usia 4-8 tahun. Anak-anak bisa makan telur rebus untuk sarapan atau telur dadar untuk makan siang atau makan malam mereka.

  1. Ikan yang berminyak

Ikan berminyak adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk fungsi dan perkembangan otak. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, anak-anak membutuhkan asam lemak omega-3 untuk fungsi dan perkembangan otak.

Baca Juga :   Surat Yusuf, Kisah Nabi Yusuf

Selain itu, mereka menyarankan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mengelola kondisi psikologis dan perilaku. Orang dapat mencoba memasukkan salmon atau tuna dalam sandwich atau salad.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber folat yang baik. Sebagai contoh,100 gram bayam mentah mengandung hampir setengah kebutuhan asupan folat harian yang dibutuhkan anak usia 4-8 tahun.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyarankan agar wanita mengonsumsi 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama kehamilan untuk menghindari janin mengalami cacat tabung saraf.

Folat makanan juga penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Jadi orang tua harus memastikan anak-anak mereka memiliki sumber yang cukup dalam makanan mereka.

  1. Greek Yoghurt
Baca Juga :   Jangan Terlalu Kurus, Berikut Risiko Penyakit yang Mengancam

Penelitian menunjukkan bahwa mikrobioma memainkan peran penting dalam perkembangan otak. Probiotik dalam makanan fermentasi, seperti Greek yoghurt, dapat mendukung mikrobioma yang sehat.

Namun perlu diingat bahwa sebaiknya memilih yoghurt tanpa rasa dan gula tambahan yang minim. Jika menginginkan yoghurt dengan rasa, Anda bisa memasukan buah cincang ke dalamnya.

  1. Gandum

Oat bubur adalah makanan indeks glikemik (GI) rendah. Sebuah studi terhadap anak usia 12 hingga 14 tahun menemukan bahwa makan sarapan GI rendah bermanfaat bagi fungsi kognitif anak.

Bubur yang terbuat dari gandum utuh dan ditaburi mentega kacang atau kacang panggang adalah sarapan rendah GI yang cocok untuk anak-anak yang tidak alergi kacang. Kacang dan lentil Kacang dan lentil mengandung seng yang penting untuk perkembangan otak dan pertumbuhan dalam masa kanak-kanak. Secangkir lentil yang dimasak mengandung 2,52 mg seng, setengah dari kebutuhan harian untuk anak usia 4-8 tahun. (*)

Baca Juga :   Indonesia's Largest Fleet Of Taxis Teams Up To Beat Ride-hailing Apps

 

Komentar

News Feed