oleh

Bahan di Rumah yang Bisa Membersihkan Kerak Hitam di Setrika

SMJTimes.com – Jika digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama, seringkali muncul kerak hitam pada setrika. Tak hanya merusak pemandangan, jika dibiarkan dapat berpengaruh pada kinerja setrika hingga menodai pakaian.

Berikut ini bahan-bahan di rumah yang bisa memberikan kerak hitam pada setrika mengutip Kompas.com.

  1. Pasta gigi

Pertama, pastikan pasta gigi yang digunakan mengandung pemutih. Hindari pasta gigi dengan garis biru atau merah.

Kedua, cukup gosokkan ke lempengan besi setrika menggunakan tangan atau sikat gigi. Setelah selesai, bersihkan pasta gigi dengan kain microfiber yang bersih. Ulangi prosesnya jika kerak hitam masih menempel kini, kerak setrika dapat dihilangkan dan setrikamu terlihat seperti baru.

  1. Cuka

Buat campuran setengah cangkir air dengan setengah cangkir cuka putih. Celupkan kain mikrofiber bersih ke dalam larutan dan gosok ke bagian setrika yang berkerak dan menghitam.

Baca Juga :   5 Manfaat Wortel Ungu Bagi Kesehatan

Jika setrikamu adalah jenis setrika uap, akan lebih baik, isi ulang tangki air setrika dan colokkan, setel pengaturan ke uap. Letakkan bagian ujung setrika di atas selembar kain dan biarkan selama lima menit. Apabila setrika masih menghitam dan noda kerak cukup parah, maka kamu bisa merendamnya dengan cuka putih, masukkan handuk bersih, lalu letakkan setrika di atasnya selama 30 menit.

  1. Garam

Kamu juga bisa membersihkan setrika yang berkerak dengan garam. Pertama, siapkan koran atau kantong kertas warna cokelat. Kemudian, taburi garam di atas permukaannya lalu nyalakan setrika ke setelan paling panas dan gosokan ke permukaan kertas yang sudah dilumuri garam.

Lakukan dengan gerakan memutar hingga kotoran/noda gosong terangkat. Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan merebus ketel lalu campurkan setengah cangkir air panas dengan tiga sampai empat sendok teh garam.

Baca Juga :   Tetap Awet Muda di Usia 20-an, Lakukan 13 Tips Berikut

Campurkan dengan setengah cangkir cuka putih, dan saat sudah dingin, celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan lalu gosokkan ke lempengan besi setrika. Ulangi langkah-langkah di atas, isi ulang, colokkan setrika, setel ke uap dan letakkan kain di bagian ujungnya selama 5 menit.

  1. Baking soda

Campurkan dua sendok teh baking soda bikarbonat dengan air dan aduk hingga teksturnya seperti pasta. Gunakan sikat gigi bekas lalu oleskan ke lempengan besi yang berkerak. Biarkan selama beberapa menit, lalu gosok perlahan. Fokuskan ke area yang kotor dengan kain microfiber hingga semua kerak terangkat. Gunakan kain microfiber bersih untuk membersihkan sisa pasta dari setrika. Jika ada noda membandel, campurkan baking soda dengan cuka putih. Lalu ulangi cara yang sama.

  1. Lap dapur
Baca Juga :   6 Cara Obati Sembelit, Praktis Tanpa Obat

Cara ini dilakukan ketika setrika dalam keadaan menyala jadi harus hati-hati dan waspada agar tidak mengenai kulit. Pertama-tama, setting setrika hingga ke pengaturan tertinggi tanpa uap. Kemudian, cukup setrika di atas gulungan lap dapur sampai semua residu lengket hilang atau terangkat. Selain menggunakan lap, kamu juga bisa memakai handuk bekas tapi pastikan dalam keadaan bersih, ya.

Komentar

News Feed