oleh

Pemkab Pati Gelontorkan Rp600 Juta untuk Sewa Hotel Kencana

Pati, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati merogoh kocek hingga Rp600 juta untuk menyewa Hotel Kencana sebagai tempat isolasi terpusat. Sebanyak 207 warga diisolasi di hotel yang terletak di Jl RA Kartini ini dalam kurung waktu dua bulan.

Hotel Kencana dipakai kembali sebagai tempat isolasi terpusat pada tanggal 15 Juli 2021 dan berakhir pada 13 Agustus 2021. Setelah tidak ada lagi warga yang menjalani isolasi di Hotel Kencana, Pemkab Pati pun tak memperpanjang kontrak.

“Kerja sama antara Satgas Covid Kabupaten Pati dengan pihak manajemen Hotel Kencana sebagai tempat isolasi mandiri terpusat berakhir pada tanggal 13 Agustus,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetyo.

Baca Juga :   Skuad Persipa Pati Dilepas untuk Berjuang di Liga 3

Martinus mengungkapkan dalam kurun waktu dua bulan, terdapat 207 warga yang menjalani isolasi mandiri di Hotel Kencana. Pemkab Pati diwajibkan membayar Rp3 juta untuk setiap warga yang menjalani karantina di tempat tersebut. Bila ditotal Pemkab Pati merogoh kocek sekitar Rp621 juta.

“(Biaya) Rp3 juta per orang tiap 14 hari. Kurang lebih 207 kali Rp3 juta (Rp621 juta),” ungkap Martinus.

Martinus menjelaskan biaya yang dikeluarkan Pemkab Pati untuk menyewa Hotel Kencana berasal dari anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) tahun anggaran 2021. “Anggarannya dari BTT,” kata Martinus.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati menutup tempat isolasi pasien Covid-19 terpusat di Hotel Kencana lantaran kasus Covid-19 di Bumi Mina Tani mengalami penurunan. Bupati Pati Haryanto mengungkapkan Hotel Kencana seharusnya bisa menampung sekitar 98 pasien untuk karantina.

Baca Juga :   PT Dua Kelinci Pati Dilalap Si Jago Merah

“(Hotel) Kencana itu ruangannya ada 98 orang,” ujar Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati.

Nantinya, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati akan lebih memanfaatkan tempat isolasi di Ruang Wijaya Kusuma 3 dan 4 RSUD RAA Soewondo. RSUD RAA Soewondo menyediakan sekitar 60 ruangan untuk tempat karantina.

“Wijaya Kusuma ada 60-an ruangan dan tinggal 2 orang. Dan hari ini boleh pulang sudah menjalani masa inkubasi 14 hari,” tandas Haryanto. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Sewa Hotel Kencana Sebagai Tempat Isolasi, Pemkab Pati Rogoh Rp600 Juta”

Komentar

News Feed