oleh

Mulai Suntikkan Vaksin AstraZeneca, Berikut Jadwal Vaksinasi Puskesmas Sukolilo I

Pati, SMJTimes.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sukolilo I mulai menyuntikkan Vaksin Covid-19 AstraZeneca hari ini, Jumat (13/8/2021). Vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun.

Menurut Kepala Puskesmas UPTD Sukolilo I, dr. Rachmad Julyanto pihaknya mulai menyuntikkan Vaksin Covid-19 AstraZeneca setelah memperoleh vaksin tersebut dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas UPTD Sukolilo I dilaksanakan pada Senin, Selasa, Kamis, dan Jum’at.

“Hari ini kami mulai pertama kali suntikkan vaksin AstraZeneca kepada masyarakat. Nantinya mereka dapat melakukan vaksinasi sesuai jadwal yang kami tetapkan, yaitu Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Sedangkan pada Sabtunya kami melakukan evaluasi dan perencanaan vaksinasi minggu berikutnya,” tandas dr. Rachmad.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Jalan Raya Pati-Gabus yang Rusak

Vaksinasi kali ini tertuju kepada masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas. Tidak terkecuali bagi para penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa pada Jumat lalu (6/8/2021), pihaknya mendapatkan sebanyak 56 vial vaksin AstraZeneca, 35 vial vaksin Sinovac, dan 18 vial vaksin Sinopharm. Untuk vaksin Sinovac disuntikkan kepada penerima yang sebelumnya telah melalui vaksinasi pertama. Sedangkan, untuk vaksin Sinopharm disuntikkan kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Berdasarkan penuturannya, vaksin AstraZeneca dapat disuntikkan kepada 15 orang per vial, vaksin Sinovac dapat disuntikkan ke 10 orang per vial, dan vaksin Sinopharm dapat disuntikkan satu orang per vial.

Menurutnya, vaksinasi Sinovac tersebut telah disuntikkan sejak minggu lalu. Sementara, untuk vaksin Sinopharm kemarin telah disuntikkan kepada ODGJ sebanyak 9 orang.

Baca Juga :   Jalani Isolasi, Satu Kades di Pati Lakukan Pelantikan Virtual

“18 stok Sinopharm kami suntikkan ke ODGJ. Kami sudah melakukan 9 suntikkan pada vaksinasi pertama bagi ODGJ. Kami lakukan dengan mendatangi ke rumah mereka. 28 hari lagi mereka akan mendapat suntikkan yang kedua,” ujarnya.

Puskesmas UPTD Sukolilo I menargetkan penyuntikan 150 orang per hari. Hal ini dikarenakan, adanya keterbatasan tempat dan untuk meminimalisir terjadinya kerumunan pagi warga yang mengantre.

Sebanyak sembilan tenaga kesehatan (nakes) dikerahkan pada kegiatan vaksinasi di sana. Dan demi menjaga keamanan warga penerima vaksinasi, pihak Puskesmas berkoordinasi dengan kepolisian dan Koramil Sukolilo sebagai penanggungjawab keamanan.

Perlu diketahui, bahwa Puskesmas UPTD Sukolilo I menangani warga dari 9 desa di Kecamatan Sukolilo. Sedangkan untuk 8 desa lainnya mendapatkan layanan kesehatan dari Puskesmas UPTD Sukolilo II. (*)

Baca Juga :   Konflik Sengketa Tanah dengan Pemdes, Warga Kutoharjo Jalani Audiensi

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Puskesmas Sukolilo I Mulai Suntikkan Vaksin AstraZeneca Dosis 1 Hari Ini”

Komentar

News Feed