oleh

Perpustakaan Desa Sukoharjo Dimanfaatkan Tambah Referensi Pelaku UMKM

Pati, SMJTimes.com – Pemerintah Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo maksimalkan Perpustakaan Desa Dwija Widja untuk menambah SDM pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

Agus Irawan selaku Sekretaris Desa Sukoharjo mengungkapkan selain pemasaran, kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha adalah inovasi. Perpustakaan Desa Dwija Widja hadir untuk menambah referensi usaha bagi warga Sukoharjo dan sekitarnya.

“Koleksi buku kita beragam untuk menambah ilmu masyarakat. Terutama untuk menggali potensi warga Desa Sukoharjo yang notabene kemampuannya di bidang UMKM. Ada buku pembelajaran masak menjahit, dan UMKM-UMKM lainnya,” ungkap Agus Irawan saat ditemui, Jumat (23/7/2021).

Juariah, Kasi Pembinaan dan Monet Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah mengapresiasi eksistensi Perpustakaan Desa di Sukoharjo. Ia berharap ke depan, pemerintah desa tak hanya menyajikan buku saja melainkan menggelar berbagai pelatihan life skill.

“Kita berharap tidak hanya jumlah bukunya yang bertambah, tapi minat bacanya yang terpenting. Tidak hanya melewati iternet tapi lewat buku. Juga malah bagus kalau diberi pelatihan untuk masyarakat seperti menjahit, salon, memasak dan sebagainya di sini,” ujar Juariah dalam kunjungannya ke Perpustakaan Desa Dwija Widja hari ini, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga :   Komisi E DPRD dan Disnakertrans Jateng Sosialisasikan Peluang, Mekanisme, dan Prosedur Kerja

Harsono, Lurah setempat mengatakan saat pandemi melandai pihaknya siap kembali menganggarkan APBDesnya untuk menambah fasilitas di lingkungan perpustakaan. Dalam jangka panjang ia juga mewacanakan akan membuat perpustakaan digital.

“Untuk support di pandemi belum bisa maksimal. kita sudah ada wifi dan komputer kita masih bisa optimalkan. Kekurangan yang ada di sini bisa disediakan diambilkan dari APBdDes, dengan tujuan pembaca bisa nyaman dengan fasilitas,” katanya.

Untuk diketahui, Perpustakaan Desa Sukoharjo Dwija Widja didirikan pada tahun 2012. Hingga saat ini perpustakaan telah memiliki 1.000 lebih koleksi buku yang terdiri dari 500 judul.

Sebelum pandemi, rata-rata perpustakaan dikunjungi setidaknya 20 orang per hari. Dari golongan warga Sukoharjo, Siswa PAUD, Siswa SDN 3 Sukoharjo dan pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pati.(*)

Baca Juga :   Bansos PPKM, 15 Ton Beras Bakal Disalurkan ke Warga Pati

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Perpustakaan untuk Tingkatkan SDM Pelaku UMKM di Desa Sukoharjo”

Komentar

News Feed