oleh

Perbaikan Pasar Alun-Alun Lasem, Dinindakop: Pengamanan Aset

Rembang, SMJTimes.com – Perbaikan pasar alun-alun Lasem sampai dengan tahap pengamanan aset yang dilakukan hari ini, Jumat (9/7/2021).

Sejumlah pekerja bangunan tengah berjibaku menurunkan bagian atap ruko pasar Lasem. Beberapa bangunan mulai bersih dan hanya menyisakan tembok badan ruko saja.

Menurut PLT Dinas Pasar, Dinindakop Kabupaten Rembang, Setyo Budi mengatakan, hari ini pasar alun-alun Lasem sedang dalam tahap pengamanan aset. Diantaranya berupa genteng maupun kayu yang berada di atap. Sedangkan, untuk proses perobohan tembok baru dilakukan esok hari.

“Besok baru di robohkan kiosnya. Sekarang pengamanan aset kayu dan genteng yang masih layak,” ungkapnya saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat.

Selain itu, saat ditanya terkait jaminan akan kuota kios bangunan yang baru, Budi mengatakan bahwa hak sewa dapat ditentukan dari kepemilikan kartu pedagang yang dipegang oleh para pedagang saat ini. “Jaminan ada pada mereka berupa kartu tanda pedagang (katadag),” imbuhnya.

Baca Juga :   Hari Lahir Pancasila, Hafidz: Perekat dan Pemersatu Bangsa

Menurut keterangannya, kartu tersebut dipegang sesuai jumlah pedagang yang ada di pasar alun-alun Rembang. Setidaknya ada 130 lebih pedagang yang tercatat menempati ruko tersebut.

Di sisi lain, kios sementara yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang di depan terminal Lasem belum ditempati oleh pedagang. Sejumlah pedagang menolak pindah lantaran kios sementara tersebut dinilai tak layak karena sempit. Sedangkan beberapa pedagang lainnya menunggu hari baik untuk menempati kios tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Renovasi Pasar Alun-Alun Lasem Masuk Tahap Pengamanan Aset” 

Komentar