oleh

Kesadaran Kurang, Diskominfo Pati Bakal Sosialisasi Kerahasiaan Data Siber

Pati, SMJTimes.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati menilai kesadaran menjaga kerahasiaan data siber di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pati masih kurang.

Kepala Diskominfo (Kadiskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto pun berencana menggencarkan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kerahasiaan data siber.

Saat ini, Diskominfo Kabupaten Pati tengah memperbaiki tim tanggap siber atau Computer Security Incident Response Team (CISRT) agar dapat dimanfaatkan oleh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Pati.

Terkait perkembangan CISRT, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi ke instansi terkait agar mereka mengatahui pentingnya menjaga data pemerintahan.

“Mungkin bulan depan bersama perwakilan BSSN. Soalnya kesadaran kerahasiaan data ini masih kurang,” ujar Indriyanto.

Baca Juga :   Sebanyak 4 Pasien Sembuh dari Covid-19

CISRT sendiri menyasar pada OPD-OPD yang ada di Pemkab Pati. Sedangkan untuk pihak swasta pihaknya belum menyasar. Industri swasta sendiri mempunyai pihak ketiga untuk perlindungan data.

“(CISRT), fungsinya untuk tanggap insiden peretasan website instansi Pemda. Jadi untuk swasta kami tidak ada kewenangan. Mereka punya tim sendiri,” terangnya.

Selain itu, jika ada insiden pihaknya akan mengundang instansi yang terkendala itu. Kemudian pihaknya akan memberitahu kekurangan dan solusinya.

“Misalnya sandi jangan sama dengan username, sandinya harus kuat (terdiri dari huruf dan angka), dan sandi diganti berkala. Setelah itu, proses perbaikan web terserah pihak instansi. Mau memilih pihak ketiga atau diurus sendiri. Kami hanya sebatas itu,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Sebanyak 10 Ribu UMKM Pati Belum Ambil Bantuan

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Kesadaran Kerahasiaan Data Siber di Pemkab Pati Dinilai Masih Kurang”

Komentar

News Feed