Waspada Gula Darah Tinggi, Kenali 7 Gejala Berikut

SMJTimes.com – Tingginya kadar gula darah dalam tubuh memang harus diwaspadai. Pasalnya, gula darah tinggi bisa memicu beragam penyakit berbahaya.

Kenaikan kadar gula darah terjadi saat tubuh memiliki sedikit insulin atau tubuh tak dapat menggunakan insulin dengan benar.

Beberapa hal dapat memicu kenaikan kadar gula darah. Mulai dari pola makan, aktivitas fisik, obat-obatan nondiabetes, dan lainnya.

Gula darah tinggi harus segera ditangani. Pasalnya, hiperglikemia dapat menyebabkan komplikasi serius jika tak mendapatkan pengobatan segera.

Dalam jangka panjang, gula darah tinggi persisten dapat menyebabkan komplikasi yang memengaruhi saraf, pembuluh darah, jaringan, dan organ. Kerusakan pembuluh darah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga :   Kolaborasi dengan Mayo Clinic, RSPP Dapat Akses Diskusi Dengan Ahli

Sementara kerusakan saraf bisa juga menyebabkan kerusakan mata, kerusakan ginjal, serta luka yang tidak dapat disembuhkan.

Namun, kerap kali seseorang tak menyadari kadar gula darah yang tinggi. Berikut ini beberapa gejala gula darah tinggi yang patut diwaspadai.

  1. Haus terus menerus

Upaya mengembalikan keseimbangan gula darah, tubuh mencoba membuang kelebihan gula melalui urine. Akibatnya, ginjal dipaksa untuk bekerja “lembur” menyerap kelebihan gula.

Komentar