oleh

Kuwalahan, BPBD Bakal Bentuk Tim Pemakaman Jogo Tonggo

Pati, SMJTimes.com – Khayun Fulanun koordinator tim pemulasaran Jenazah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mengaku pekan ini adalah masa terberat bagi tim pemulasaran jenazah.

Ia menyebutkan jumlah pemakaman jenazah pasien Covid-19 harian di Kabupaten Pati memecahkan rekor tertinggi sebanyak 42 pemakaman.

“Dari 2 bulan terakhir agak kuwalahan dulu kita merintis ada 4 tim se-Kabupaten Pari. Puncak-puncaknya terjadi di bulan Juni jadi pemakaman per hari naik 8 sampai 25. Sampai memecahkan rekor di pertengahan Juni mencapai 42 perhari,” kata Khayun, Kamis (24/6/2021).

Sebagai antisipasi, BPBD mulai melatih tim pemakaman covid-19 tingkat desa melalui posko jogo tonggo di setiap wilayah.

Khayun menyoroti keberadaan Satgas Jogo Tonggo yang ada saat ini belum optimal, sehingga perlu diberikan skill penanganan pemulasaran jenazah Covid-19.

Baca Juga :   Pilkades Antar Waktu Ditunda Sebab PPKM Darurat

“Stigma masyarakat negatif, masih ketakutan berlebihan was-was ini yang menghambat pemberdayaan Jogo Tonggo. Kita berikan kemantapan dan kemampuan¬† secara teknis menghadapi pemakaman covid-19,” terangnya.

Gerakan tim pemakaman Covid-19 tingkat desa ini sudah dimulai di Kecamatan Pati Kota, mengingat permintaan penguburan jenazah berprotokol Covid-19 di wilayah tersebut terhitung tinggi.

Komentar