oleh

Sambut Hari Keluarga Nasional, Dinsos PPKB Rembang Gelar Pemilihan Duta Genre 2021

Rembang, SMJTimes.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang lakukan pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2021, Selasa (15/6/2021). Berlangsung di Rumah Tumbuh Khotijah (RTK), acara tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Sejahtera Dinsos PPKB Rembang, Budi Setiasih menjelaskan, pemilihan Duta Genre dimaksudkan untuk menjaring anak-anak muda Rembang sebagai pionir advokasi mengenai Triad KRR (tiga masalah kesehatan reproduksi remaja). Yakni membantu program Dinsos PPKB untuk menghindarkan para remaja dari seks bebas, pernikahan dini, dan penyalahgunaan narkotika.

“Duta terpilih akan kami libatkan untuk memberi sosialisasi kepada sebayanya mengenai Triad KRR. Bisa melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) berbasis sekolah, atau juga PIK R berbasis masyarakat di desa,” jelasnya saat dihubungi.

Baca Juga :   Menjelang Lebaran, Penjual Pakaian Pasar Rembang Ramai Pembeli

Tidak hanya itu, masih menurut Budi Setiasih, Duta Genre juga diharapkan menjadi duta dalam penanganan stunting, khususnya di kalangan remaja. Mengingat angka stunting di Kabupaten Rembang sendiri yang masih terbilang cukup tinggi. Selain juga diharapkan turut serta dalam upaya meningkatkan kesadaran remaja Rembang guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini Rembang berstatus zona merah.

“Karena stunting adalah program prioritas nasional yang harus kita selesaikan bersama. Karena duta ini akan jadi generasi penerus bangsa, maka harus memiliki aset investasi kesehatan agar kemudian melahirkan generasi yang berkualitas,” paparnya.

Pemilihan Duta Genre ini sendiri diikuti oleh 7 pasang calon Duta Genre Rembang 2021, atau sebanyak 14 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa di bawah usia 25 tahun. Sebelumnya, mereka harus melewati proses seleksi yang dilakukan oleh Dinsos PPKB Rembang, bersaing dengan sekitar 30 pendaftar lainnya. Mulai dari tes tertulis hingga FGD dengan materi problem solving atas permasalahan remaja yang harus ditangani.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Kontrol Ketat Mobilitas Masyarakat

Dari 14 peserta yang ikut, hari ini telah ditetapkan pasangan Duta Genre Rembang 2021. Dari pihak putra yakni Muhammad Hamas Ainun Niam, warga Desa Waru dan mahasiswa PGSD Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sementara dari pihak putri adalah Alvina Yulianti, warga Batangan, Pati yang merupakan siswi SMKN 1 Rembang. (Adv)

Komentar

News Feed