oleh

Ratusan Warga Pati Jalani Isolasi Mandiri

Pati, SMJTimes.com – Bupati Pati Haryanto mengungkapkan sebanyak 670 warganya menjalani isolasi atau karantina mandiri di rumah. Ratusan warga ini tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Pati.

Selain itu, Haryanto mengungkapkan hingga Senin (14/6/2021) kemarin, terdapat 203 warga positif Covid-19 yang tengah dirawat di berbagai rumah sakit di Kabupaten Pati. Lalu, ada 214 warga suspek atau bergejala dirawat di rumah sakit serta ada 60 warga yang tengah menjalani karantina di RSUD RAA Soewondo.

“Yang dirawat saat ini yang sakit itu ada 203, yang suspek artinya batuk-batuk kemudian yang bergejala itu ada 214. Yang isolasi di tempat isolasi terpusat itu ada 60 orang,” tuturnya di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga :   Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati, Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Embung Dam Terpus

Selain itu terdapat 14 kecamatan yang masuk zona merah dari 21 kecamatan yang ada. Kecamatan yang masuk zona merah ini terdapat 38 desa serta 151 RT zona merah.

“Yang isolasi mandiri di rumah itu ada sekitar 670 yang terdeteksi di desa-desa. Karena 21 kecamatan yang zona merah 14 kecamatan yang desanya ada 38 desa, ada 151 RT/RW,” kata Haryanto.

Ia mengungkapkan data ini menunjukkan tidak semua kecamatan di Kabupaten Pati zona merah. Meskipun demikian warga Kabupaten Pati diminta waspada terhadap virus corona terlebih telah ditemukan varian baru virus corona, varian Delta, di Kabupaten Kudus.

Masyarakat pun diminta menerapkan protokol kesehatan di setiap kesempatan dan ketika bepergian. “Jangan digeneralisasikan seluruh Kabupaten Pati Zona Merah. Kalau kita lihat RT kita semua ada 7.454 jadi kalau dihitung persentasenya baru dua persen yang ada,” tandasnya.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Sejumlah Daerah Meningkat, Warga Diimbau Waspada

Sementara itu, Pemerintah Desa (Pemdes) diminta melakukan pemantauan dan memenuhi kebutuhan warga yang tengah menjalani karantina mandiri di rumah. Hal ini perlu dilakukan mengigat beberapa waktu lalu, terdapat peristiwa warga yang isolasi mandiri di rumah terpaksa keluar rumah lantaran tidak dapat asupan kebutuhan. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “670 Warga Pati Isolasi Mandiri di Rumah”

Komentar

News Feed