oleh

Enam Parpol di Rembang Ajukan Banpol

Rembang, SMJTimes.com – Sejumlah partai Politik di Rembang telah mengajukan bantuan dana partai politik (Banpol). Tercatat ada sekitar Rp1 miliar anggaran keseluruhan banpol di Kabupaten Rembang.

Hal ini diakui Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Rembang Harijono. Ia menyampaikan, jumlah bantuan tersebut sama dengan tahun lalu.

Secara lebih rinci, ia menjelaskan setiap suara menerima anggaran senilai Rp2.873. Sedangkan untuk proses pengajuannya, hingga kemarin masih dalam proses pengajuan dari masing-masing partai politik.

“Kemarin yang sudah siap enam parpol,” katanya.

Enam parpol tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Golongan Karya (Golkar).

Baca Juga :   Fasilitasi Dapur Umum, Gizi Pasien Isoman Terjamin

“Jika ditotal dana bantuan parpol mencapai sekitar Rp1 Miliar. Sama. Belum ada peningkatan. Mungkin besok kalau kondisi keuangan baik ya kami usulkan kembali untuk ada peningkatan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk mekanisme pencairannya, masing-masing parpol mengajukan terkait perolehan suara yang didapat. Saat proses pencairan nanti, pihaknya berencana akan mengundang parpol yang sudah mengajukan. Nantinya akan ada seremonial yang diserahkan kepada parpol.

“Kalau sudah diajukan. Kalau sudah siap kaminsiapkan untuk proses pencairannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu, ada tiga partai dengan jumlah Banpol tertinggi. Yakni PPP sebesar Rp209,7 juta, disusul Demokrat Rp185,2 juta, dan PKB senilai Rp135,7 juta. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Dianggarkan Rp1 Miliar, Enam Parpol di Rembang Telah Ajukan Banpol”

Komentar

News Feed