Mengangkat Kaki di Tembok Mampu atasi Stres dan Tingkatkan Sirkulasi Darah

SMJTimes.com – Siapa yang sering mengangkat kaki ke tembok saat lelah? Iya sebagian orang melakukan kegiatan tersebut karena dianggap memiliki efek positif bagi tubuh saat lelah melanda.

Menganggat kaki ke tembok atau legs up the wall pose merupakan postur yoga restoratif yang memiliki banyak manfaat. Di dunia yoga, pose tersebut dalat dimodifikasi dengan sejumlah pose lainnya.

Namun, kebanyakan orang melakukan pose tersebut untuk merelaksasi tubuh. Lebih dari itu, ternyata mengangkat kaki memiliki beragam manfaat lainnya bagi tubuh.

  1. Mengurangi stres

Menurut penelitian, yoga merupakan cara efektif untuk menghalau stres. Pasalnya, ketika yoga dapat merangsang saraf parasimpatis dan mampu menenangkan sistem saraf simpatis.

Baca Juga :   Benarkah Kentang Goreng Penyebab Depresi dan Kecemasan? Berikut Penjelasan Ahli!

Selain itu, mengangkat kaki ke tembok dengan pernapasan yang terkontrol dan lambat sambil menjaga tubuh tetap diam dapat memungkinkan penyerapan oksigen lebih besar.

Kondisi ini menunjukkan bahwa otak berada dalam tingkat setres yang rendah sehingga menstimulasi saraf parasimpatis.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Mengangkat kaki di tembok dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah kaki dan mengarahkan aliran darah kembali ke jantung.

Komentar