oleh

UPTD B2TPH Dukung Petani Kembangkan Benih Berkualitas

Pati, SMJTimes.com– UPTD Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (B2TPH) Kabupaten Pati, adalah perpanjangan tangan dari Dinas Pertanian Pati yang bertugas melaksanakan kegiatan bidang pembenihan tanaman pangan hortikultura dan perkebunan.

UPTD B2TPH berada Jl. Kembang Joyo, Klegen, Kalidoro, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Digerakkan oleh 7 staf yang terdiri dari Kepala UPTD, Kepala Kasubag TU, Kasubag Administrasi Umum, Kasubag Pengelola Bibit Tanaman Pangan, Kasubag Bibit Tanaman Perkebunan, Kasubag Bibit Tamanam Hortikultura, dan honorer administrasi.

Agus Cahyono, Kepala UPTD B2TPH mengatakan, hadirnya lembaga ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan kepada petani di Pati dengan cara mengembangkan benih yang berkualitas dan menerbitkan sertifikat benih.

Baca Juga :   Resmi! Safin Mundur dari Ketua Umum Persipa

“Tugas utamanya adalah memproduksi tanaman yang bersertifikat berkualitas. Pertama benih tanaman pangan, yang kedua benih tanaman perkebunan,” kata Agus saat ditemui di kantornya kemarin.

“Yang diproduksi pasti bersertifikat dan berlabel yang terjamin kualitasnya. kalau bersertifikat terjamin kualitasnya. misalnya jambu, jenisnya kan macam-macam kalau masih berdaun belum bisa diidentifikasi nanti jadi jambu apa. tapi kalau sudah bersertifikat pasti jadinya jambu lumut Kayen jadi masyarakat bisa tau,” imbuhnya

Selain itu UPTD B2TPH juga mempunyai misi mengembangkan dan melestarikan keberadaaan komoditas tanaman unggulan khas Kabupaten Pati.

“Benih tanaman hortikultura termasuk buah dan sayuran juga kita kembangkan. Seperti buah unggulan jambu lumut Kayen dan jeruk pamelo, di kabupaten Pati kan jadi unggulan. Kemudian mangga, jambu kristal, sawo. Sementara untuk perkebunan kita mengembangkan kelapa kopyor” imbuhnya

Baca Juga :   Rencana Normalisasi Silugonggo, Dewan Pati Komitmen Kawal

Melalui UPTD B2TPH, para petani di Pati bisa melakukan konsultasi dengan petugas. Para petani juga bisa mendapatkan benih gratis dengan cara mengajukan surat kepada Dinas Pertanian atas nama kelompok tani, instansi desa, atau instansi yang lain.

“Biasanya untuk kelompok tani desa atau sekolah atau lembaga bukan perorangan mengajukan permohonan bantuan benih kepada Dinas Pertanian ke kepala dispertan. Nanti Dinas Pertanian bisa mendispo agar menyalurkan bibir-bibit itu kepada kelompok tani atau lembaga yang sifatnya gratis,” kata Agus.

Agus mengaku satu kelompok tani bisa mendapatkan 100 hingga 150 batang bibit gratis selama masih ada persediaan.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan UPTD B2TPH bisa datang langsung atau menghubungi no Hp 081325720400 atas nama Agus Cahyono. (Adv)

Baca Juga :   Kedelai Langka, Dispertan Pati: Masuk Isu Global

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “UPTD B2TPH Pusat Pembenihan dan Pelestarian Tanaman Khas Lokal Pati”

Komentar

News Feed