oleh

Tips Lancarkan Siklus Haid, Konsumsi Makanan Berikut

SMJTimes.com – Tidak semua perempuan memiliki siklus menstruasi yang sama. Ada yang memiliki siklus menstruasi teratur, ada pula perempuan yang memiliki siklus menstruasi tidak lancar.

Ada kalanya, siklus haid berubah-ubah membuat telat datang bulan. Tak sedikit perempuan yang mengalami keterlambatan haid beberapa minggu hingga bulan.

Banyak faktor yang mempengaruhi keterlambatan menstruasi, mulai dari hormon, stress, hingga pola hidup.

Berikut ini beberapa makanan yang dipercaya dapat melancarkan menstruasi.

  1. Vitamin C

Vitamin C mampu merangsang menstruasi secara efektif. Tak hanya itu, vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesterone.

  1. Pepaya

Pepaya dipercaya dapat merangsang kontraksi di rahim yang bisa merangsang kontraksi di rahim yang bisa menyebabkan menstruasi lebih awal.

Baca Juga :   Ternyata Ini Penyebab Tindihan Menurut Medis

Kamu bisa mengonsumsi papaya muda dua kali sekali setelah makan. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi jus pepaua untuk lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Jahe

Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dianggap mampu merangsang proses menstruasi. Oleh karenanya, jahe menjadi salah satu makanan yang bisa menyebabkan haid.

Kamu bisa menyeduh jahe dengan air mendidih, kemudian mendiamkannya hingga hangat untuk selanjutnya di minum.

Jahe merupakan rempah yang kaya akan manfaat kesehatan. Memiliki rasa hangat, jahe bisa menghangatkan tubuh hingga meredakan sakit tenggorokan.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan jenis rimpang-rimpangan yang karap kali dipakai dalam pengobatan tradisional. Rempah berwarna kuning ini juga dianggap mampu melancarkan siklus haid seseorang.

Baca Juga :   Video : VIRAL! Penunggang Nmax Tabrak Perempuan karena Rebutan Warisan

Beragam cara bisa dipakai untuk mengonsumsi kunyit, mulai dari diseduh dengan air hangat atau bisa diolah menjadi jamu.

  1. Kurma

Kurma adalah makanan lain yang diketahui menghasilkan panas dalam tubuh. Kamu bisa makan kurma dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk menginduksi menstruasi. Panas di dalam tubuh akan merangsang kontraksi di rahim yang memicu menstruasi lebih awal.

Nah, diatas tadi merupakan beberapa makanan yang dipercaya bisa melancarkan proses menstruasi. Namun, jika keterlambatan datang bulan berlangsung dalam waktu yang lama, diharapkan melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab keterlambatan.

Bagaimanapun, mengetahui penyebabnya dapat menentukan cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi. Selamat mencoba!

Baca Juga :   5 Jenis Makanan Bisa Lemahkan Imunitas Tubuh

Komentar

News Feed