oleh

Harga Ayam Melambung Tinggi Menjelang Lebaran

Pati, SMJTimes.com – Hari ini harga ayam di Kabupaten Pati mencapai Rp40.000 per ekor di tingkat pasar. Kenaikan ini terlalu dini mengingat hari raya Idulfitri masih seminggu lagi.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati, Andi Hirawadi.

“Sekarang ayam sudah Rp40 ribu ditingkat pasar. Kalau normalnya Rp32-33 ribu. Kenaikan ini termasuk lebih cepat, biasanya agak lama di akhir-akhir lebaran,” ujar Andi, Jumat (7/5/2021).

Ia menyebut naiknya komoditas ini disebabkan oleh berbargai faktor. Faktor utama tentu akibat naiknya permintaan masyarakat terhadap daging ayam jelang hari raya.

Di sisi peternak, andi menyebut telah terjadi kelangkaan bibit ayam DOC (day old chick) di Pati.

Baca Juga :   Jelang Libur Lebaran, Dinbudpar Hentikan Pentas Seni

Terakhir diketahui harga pakan juga naik lagi bulan ini, sehingga para peternak terpaksa menaikan harga karena ongkos produksinya meningkat.

Berbeda dengan harga dagingnya, telur ayam kata Andi saat-saat ini malah turun karena permintaanya juga berkurang.

“Kalau telur saat ini mulai turun. Sekarang Rp22 ribu. Tak seperti di awal puasa yang sampai Rp25 hingga 26 ribu. Faktornya hukum pasar, permintaan meningkat diawal untuk membuat kue mungkin,” terang Andi.

Begitu juga dengan harga ayam kampung masih stabil sejak awal Ramadhan di harga Rp80 ribu per ekor.

Kendati demikian ia mengaku ketersediaan daging dan telur relatif aman hingga hari raya. Dispertan memprediksi harga daging ayam akan turun di 7 hari setelah lebaran.

Baca Juga :   Tak Sinkron, Pemkab Pati Benahi Data Covid-19

“Kita juga belum mendapatkan keluhan. Konsumen kita tidak begitu masalah. Kegiatan di masyarakat juga nggak begitu ramai,” tandas Andi. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Seminggu Jelang Idulfitri, Harga Ayam Tembus Rp40 Ribu per Ekor

Komentar

News Feed