oleh

Bina Desa, Mengenalkan Wisata Lokal Rembang

Rembang, SMJTimes.com – Tak ingin ketinggalan menyemarakkan momentum bulan suci Ramadan, Ikatan Mas dan Mbak (IMMR) Kabupaten Rembang mengadakan kegiatan Bina Desa yang dilakukan di Kecamatan Kragan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian program Berkah Ramadan yang dicanangkan oleh IMMR.

Romi Adi selaku program director IMMR menjelaskan, kegiatan Bina Desa merupakan output dari kegiatan Peningkatan Kapasitas Pelaku Wisata yang berlangsung di Gunungkidul, di Yogyakarta pada awal April lalu.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan Bina Desa sendiri tidak lain adalah sebuah pilot project pemetaan potensi wisata serta pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terkait potensi desa mereka untuk dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata.

Baca Juga :   Hafidz Teken Komitmen Rembang Bebas Korupsi

“Kebetulan ini kan tindak lanjut dari output dari kemarin. Kemarin itu diajak Dinbudpar ke Gunungkidul untuk studi tiru. Di bulan Ramadan ini IMMR mengadakan kegiatan Berkah Ramadan. Berkah Ramadan ini punya banyak kegiatan, salah satunya termasuk hari ini Bina Desa,” jelas Romi.

Romi memaparkan, bentuk kegiatan Bina Desa yang dilakukan ditekankan pada penjelasan seputar pengetahuan pariwisata dasar, dan cara membranding sebuah even desa agar terkesan lebih menarik.

Dalam kesempatan Bina Desa yang dilakukan pada Kamis, (22/4/2021) kemarin tersebut, Romi beserta seluruh anggota IMMR memberikan donasi berupa, buku bacaan dan flashdisk untuk perpustakaan 5 desa di Kecamatan Kragan.

“Di kegiatan ini kami memberi donasi, berupa buku bacaan dan flashdisk untuk perpustakaan. Desanya ada 5. Klaster tersanjung (Desa Terjan, Sendang, Tanjungsari, Watu pecah dan Woro),” ungkap Romi.

Baca Juga :   Pengetatan Kebijakan, Pemkab Rembang Tutup Seluruh Tempat Karaoke

Lebih lanjut, Romi mengatakan, kegiatan Bina Desa itu bertujuan agar kelima desa tersebut (Desa Tersanjung) bisa membranding wisata yang ada di desanya masing-masing.

Selain itu diharapkan agar kelima desa tersebut kelak bisa mengkonsep even wisata yang akan dijual, serta memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara membuat pokdarwis supaya legal.

“Karena kebetulan kita punya banyak banget buku bacaan, buku literasi, komik juga ada dan flashdisk. Flashdisknya nanti untuk kegiatan inventaris administrasi dan sebagainya. Selain itu kemarin kita juga habis mengadakan song of Rembang. Acara yang mewadahi para seniman di Rembang,” pungkasnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Semarakkan Ramadan, IMMR Adakan Kegiatan Bina Desa

Komentar

News Feed