oleh

Dewan Imbau Pemerintah Lakukan Pencegahan Kenaikan Harga Sembako

Pati, SMJTimes.com – Menjelang bulan suci Ramadan, harga kebutuhan pokok atau sembilan bahan pokok (sembako) mulai naik. Beberapa bahan pokok di pasaran perlahan mulai mengalami perubahan harga.

Hal ini diamini anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso. Menurutnya kenaikan harga menjelang Ramadan sudah menjadi kebiasaan.

“Memang sudah menjadi kebiasaan kalau menjalang Ramadan maupun hari-hari besar lainnya, seperti idul fitri, natal dan tahun baru itu terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok,” ujar politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, Senin (5/4/2021).

Maka dari itu, ia mendorong dinas-dinas terkait untuk melakukan pencegahan agar kenaikan sembako ini tidak terlalu signifikan dan berdampak kepada masyarakat kecil.

Baca Juga :   Dewan Pati: Terorisme Tak Cerminkan Ajaran Islam

Terlebih di masa pendemi Coronavirus Disease atau Covid-19 yang sudah diketahui membuat perekonomian menurun.

“Cuma permasalahannya adalah sejauh mana upaya pihak-pihak yang bersangkutan bisa menjaga agar tidak naik secara drastis. Memang naik tetapi masih dalam rangka kewajaran,” tandasnya.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga pangan Strategis (PIHPS) pada Senin (5/4/2021), beberapa komoditas pangan mulai mengalami kenaikan. Harga cabai rawit di seluruh pasar di Indonesia rata-rata mencapai Rp112.650 per kilogram atau naik Rp9.650 dibandingkan sepekan lalu.

Hal yang sama juga terjadi pada harga cabai rawit merah dan hijau. Pada awal pekan ini rata-rata harga cabai rawit merah mencapai Rp121.050 per kilogram, naik dibandingkan awal pekan lalu yang Rp118.950.

Baca Juga :   Dewan: Kenaikan Cukai Rokok Bisa Cover Biaya Kesehatan

Sementara itu untuk cabai rawit hijau bertengger di Rp96.800 atau naik Rp10.650 dibanding pekan lalu. Kenaikan sama juga terjadi pada bawang putih. Awal pekan ini harga bawang putih Rp37.600 atau naik dibandingkan awal pekan lalu yang masih Rp35.900 per kg.

Sedangkan, harga telur ayam yang pekan lalu masih Rp27.500 per kg naik menjadi Rp29.600. Sementara itu untuk beras kualitas bawah harga naik dari Rp12.300 menjadi Rp12.500 per kg pada awal pekan ini. (Adv)

Komentar

News Feed