Tak Hanya Tingkatkan Kebugaran Fisik, Lompat Tali Juga Bermanfaat bagi Kesehatan Mental

SMJTimes.com – Lompat tali merupakan salah satu latihan fisik, dilakukan dengan melompati tali yang diayunkan oleh kedua tangan melewati tubuh. Latihan ini mendukung kesehatan fisik dengan meningkatkan detak jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Di samping itu, lompat tali ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Studi penelitian menunjukkan bahwa olahraga, termasuk lompat tali dapat mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan stres. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat dan perhatian.

Berikut ini adalah manfaat lompat tali untuk meningkatkan kesehatan mental, dilansir dari berbagai sumber.

Mengurangi stres

Lompat tali bisa menjadi alat yang mengombinasikan aktivitas fisik dan gerakan berirama. Aktivitas ini juga sifatnya meditatif, sehingga bisa membantu menenangkan pikiran seperti yoga dan tai chi.

Baca Juga :   Pilihan Hidangan yang Cocok Dinikmati saat Hari Raya Iduladha

Lompat tali juga merupakan permainan yang menyenangkan. Saat melakukannya, tubuh bisa melepaskan endorfin atau zat kimia alami di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan euforia. Studi dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa satu sesi latihan lompat tali meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan pada orang dewasa muda.

Meningkatkan mood

Lompat tali terbukti memengaruhi suasana hati dan meringankan gejala depresi. Aktivitas ini meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin dan dopamin di otak. Kedua senyawa tersebut berfungsi mengatur suasana hati, kebahagiaan, dan kesenangan. Studi penelitian menemukan bahwa sesi lompat tali secara teratur dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Baca Juga :   Ingin Merasakan Bahagia? Coba Terapkan Beberapa Kebiasaan Ini!

Meningkatkan fungsi kognitif

Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur, termasuk lompat tali, dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan neurogenesis, dan meningkatkan neuroplastisitas. Aliran darah ke otak yang baik meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat, fokus, dan kemampuan belajar.

Komentar