Berikut Beberapa Manfaat Semangka, Buah Tropis yang Identik dengan Musim Panas

SMJTimes.com – Buah semangka identik dengan musim panas. Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan dingin saat masuk ke dalam mulut menjadikan buah tropis ini jadi makanan favorit sebagian orang. Apalagi, kandungan airnya cukup tinggi sehingga membuat anda lebih segar dan terhidrasi.

Selain mengandung cukup banyak air, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin A dan C yang bagus untuk kekenyalan kulit. Menariknya lagi, meski terasa manis, ternyata semangka memiliki kandungan gula yang tergolong rendah dibandingkan buah lainnya.

Selain manfaat diatas, mari kita cari tahu lebih lanjut tentang kebaikan mengonsumsi semangka!

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam semangka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari Eat This Not That, semangka dapat memenuhi 25% nilai kebutuhan vitamin C harian anda. Penelitian menemukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang penting dalam mendukung struktur sel dan kekebalan tubuh.

Baca Juga :   Bahaya Mencium Bayi Sembarangan

Menghidrasi tubuh

Semangka mengandung 92% air, dan merupakan salah satu makanan dengan kandungan air tertinggi. Menjaga cairan dalam tubuh sangat penting karena akan menhindarkan anda dari kelelahan, meredakan sakit kepala, membuang sisa-sisa sampah makanan dalam tubuh, serta menjaga kelembaban kulit.

Menurunkan risiko kanker

Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang membentuk sel kanker. Antioksidan tinggi di dalam semangka membantu anda dalam menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Sifat antioksidan ini berasal dari senyawa likopen yang jumlahnya 40% lebih banyak dibandingkan dengan tomat. Senyawa ini mampu melawan kanker, serta bermanfaat mencegah penuaan dini dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Menjaga kesehatan mata

Dalam beberapa penelitian, karotenoid dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula, yakni penurunan fungsi retina terkait usia. Degenerasi makula sendiri menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang di usia lanjut atau di atas 60 tahun. Kandungan vitamin C dan karotenoid memiliki manfaat baik bagi kesehatan mata anda. Ini dibuktikan dengan penelitian Age-Related Eye Disease Study yang menemukan bahwa orang lanjut usia yang rutin mengonsumsi suplemen mengandung beta-karoten, vitamin C, vitamin E dan zinc mengalami perlambatan degenerasi makula.

Baca Juga :   Berikut Pilihan Warna Cat untuk Kamar, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Menurunkan tekanan darah

Potongan semangka mengandung 170mg potassium, elektrolit yang membantu mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Menurut Mayo Clinic, senyawa ini juga penting bagi sistem saraf. Dalam American Journal of Hypertension, profesor Arturo Figueroa menunjukkan bahwa tekanan pada aorta dan jantung berkurang setelah mengonsumsi ekstrak semangka.

Menyehatkan jantung

Peneliti dari Purdue University dan University of Kentucky melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka dapat mengurangi kadar kolestrol ‘jahat’ dan plak di arteri pada jantung. Para peneliti menduga efek ini berasal dari senyawa yang terkandung di dalam semangka bernama citrulline.

Komentar