Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia

SMJTimes.com – Salah satu yang identik dari momen Lebaran adalah makanan-makanan khas yang biasa tersaji di atas meja makan keluarga saat melakukan open house. Makanan-makanan khas tersebut contohnya seperti opor ayam, lontong, sambal goreng ati, hingga kerupuk udang.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap negara memiliki menu Lebaran yang berbeda-beda sesuai dengan tradisinya masing-masing. Setiap makanan memiliki cita rasa yang khas dan cara penyajian yang berbeda.

Berikut adalah beberapa makanan khas lebaran dari berbagai negara, dikutip dari berbagai sumber.

Kahk – Mesir

Mesir merupakan salah satu negara di benua Afrika. Penyebaran agama Islam di wilayah tersebut telah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu, sehingga cita rasa makanan setempat sedikit banyak ada yang dipengaruhi oleh kebudayaan Islam. Biasanya, makanan ini disantap saat Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya.

Baca Juga :   Kuku Cantik dan Kuat, Menggunakan Bahan Alami ini

Salah satu makanan khas lebaran dari Mesir adalah Kahk. Makanan ini bahkan telah ada sejak 1540-1570 SM. Kahk adalah kue berbentuk bulat dengan isian kacang dan taburan gula halus. Kudapan ini memiliki kalori rendah, sementara kandungan protein dan karbohidrat yang cukup bagi tubuh.

Sheer Khurma – India, Pakistan, Bangladesh

Bagi masyarakat negara India, Pakistan dan Bangladesh, santapan berbahan kurma ini menjadi hidangan yang sering dijumpai saat Idul Fitri. Kurma sendiri merupakan buah istimewa bagi umat muslim yang memiliki berbagaimacam khasiat bagi tubuh.

Komentar