Fitur Suara Pada Laptop Tidak Berfungsi? Coba Lakukan Tips Berikut!

SMJTimes.com – Audio atau suara merupakan komponen penting dari laptop. Fitur ini sangat dibutuhkan dalam beberapa kesempatan, seperti melakukan meeting onlie, atau untuk sekadar hiburan seperti mendengarkan musik.

Anda mungkin pernah mengalami masalah audio saat melakukan aktivitas tersebut, seperti saat audio yang tiba-tiba tidak berfungsi. Hal itu pasti membuat anda kebingungan dan terganggu. Namun. sebelum membawanya ke service center, anda perlu melakukan pengecekan dulu untuk menemukan permasalahannya.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi masalah audio pada laptop.

Periksa Pengaturan Audio

Saat fitur audio tiba-tiba tidak berfungsi, mungkin ada bug yang membuat pengaturan suara laptop menjadi disable. Untuk mengubah setelan tersebut, anda cukup membuka menu pengaturan pada laptop > Pilih bagian pengaturan suara > Pilih ‘Manage sound devices’ > Ubah bagian ‘Disable’ jadi ‘Enable’

Baca Juga :   Sering Disalahgunakan, Berikut Manfaat Asli Aplikasi-aplikasi Berikut Ini

Pastikan Pengaturan Suara Tidak Mute

Biasanya, suara tidak keluar dikarenakan pengguna tidak sadar menekan tombol mute, sehingga semua jenis audio dari laptop otomatis disenyapkan. Maka dari itu, pastikan mode mute tidak terpasang.

Komentar