Penelitian Mengungkap Kasus Bunuh Diri 4 Kali Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan

SMJTimes.com – Bunuh diri merupakan pemikiran untuk mengakhiri hidup, yang kemudian dilanjutkan dengan tindakan secara sengaja. International Association for Suicide Prevention (IASP) memperkirakan ada sebanyak 700 ribu orang meninggal dunia setiap tahunnya karena bunuh diri.

Dilansir dari CNN Indonesia, Indonesia sendiri berada di posisi 15 terbawah angka kasus di dunia menurut catatan World Bank. Sejak 2014, Indonesia memiliki angka sebesar 2,4 persen per 100 ribu penduduk. Data ini berasal dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2019.

Kendati demikian, Asosiasi Pencegahan Bunuh Diri Indonesia (INASP) memprediksi angka bunuh diri sebenarnya lebih tinggi dari angka yang dilaporkan secara resmi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Sandersan Onie, Presiden INASP pada tahun 2022 lalu menemukan bahwa insiden bunuh diri di Indonesia empat kali lebih besar dari data resmi yang terlaporkan.

Baca Juga :   Mengapa Cuci Tangan Berulang Kali Sering Disebut Gejala OCD?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Pediatrics bahkan menemukan bahwa anak-anak dan remaja yang mengalami perundungan di dunia maya hampir tiga kali lebih mungkin memiliki pikiran untuk mengakhiri hidupnya.

Komentar