Kelangkaan MinyaKita, Pemerintah akan Tingkatkan Pasokan DMO

SMJTimes.com – Masyarakat sempat menyayangkan kelangkaan MinyaKita di pasaran. Stok minyak subsidi yang menipis, menyisakan minyak-minyak premium yang dibandrol dengan harga lebih tinggi.

MinyakKita merupakan minyak goreng yang diproduksi dengan lisensi pemerintah dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) sebesar 14 ribu rupiah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga mengungkapkan, langkanya minyak goreng MinyaKita disebabkan oleh berkurangnya pasokan kewajiban pemenuhan kebutuhan pasar dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO), apalagi saat menjelang ramadhan.

Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pun menggelar rapat koordinasi untuk menanggapi hal tersebut.

Pada rapat koordinasi, akhirnya disepakati untuk meningkatkan pasokan DMO oleh produsen minyak goreng sebesar 50 persen hingga masa lebaran nanti.

Baca Juga :   Truk Sampah DLH Jakarta Tabrak Pemotor hingga Tewas

Selain itu, pemerintah juga memutuskan untuk menyimpan sebagian hak ekspor yang dimiliki eksportir saat ini. Eksportir tetap dapat melakukan ekspor tersebut setelah situasi mereda. Hal ini dilakukan untuk menjaga pasokan dalam negeri dan menjamin harga tetap stabil.

Komentar