oleh

BPP Gabus Kenalkan Elisitor Biosaka kepada Petani

Pati, Mitrapost.com – Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gabus mengenalkan produk inovasi pertanian Biosaka kepada petani di wilayah tersebut.

Melalui keterangan Koordinator BPP Kecamatan Gabus Eni Prasetyowati, langkah tersebut sebagai bentuk menyikapi ketersediaan pupuk bersubsidi yang berkurang di wilayah Kabupaten Pati.

Pihaknya berharap ramuan Biosaka bisa dijadikan sebagai elisitor yang mampu menghasilkan  tanaman pangan berkualitas.

“Salah salah satu petani kita juga ada yang berkenan, maka kita hadirkan untuk memberikan pelatihan pembuatan Biosaka ini. Tentunya harapan kami Biosaka ini bisa menjadi pupuk organik yang kemudian masyarakat tidak perlu bergantung pada pupuk yang disubsidi oleh pemerintah saja,” jelasnya kepada SMJTimes.com pada Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga :   Dewan Pati Berpesan kepada Jurnalis untuk Sajikan Informasi yang Independen

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa Biosaka ini merupakan salah satu teknologi temuan yang cara pembuatannya dengan bahan murah dan sederhana. Pihaknya menyebutkan bahwa dalam proses pembuatan hanya membutuhkan jenis rumput liar yang tumbuh di sekitar sawah tersebut serta air secukupnya.

Proses membuatnya hanya perlu meremas-remas rumput di dalam air agar sari-sarinya dapat keluar dan menjadi cairan yang homogen. Meski demikian, ada banyak tantangan yang ditemui petani dalam pembuatan Biosaka.

Komentar