oleh

SIPUMA Permudah Layanan UMKM Berbasis Data

Rembang, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang luncurkan SIPUMA sebagai pelayanan UMKM berbasis digital di Kantor Bupati Rembang, Selasa (17/5/2022).

Prapto Raharjo selaku Kepala Dinkominfo Rembang mengatakan inovasi Smart City memperkenalkan SIPUMA (Sistem Informasi Pelayanan UMKM Maju) sebagai pelayanan UMKM dalam penguatan sektor ekonomi unggulan daerah.

Layanan SIPUMA perlu berkolaborasi dengan data UMKM. Proses kolaborasi dilakukan secara sinergis antara Dinkominfo dan OPD terkait.

SIPUMA Diluncurkan Guna Permudah Layanan UMKM

“Aplikasi SIPUMA ditujukan pada UMKM. Dan yang mengelola OPD masing-masing dan berkolaborasi dengan Dinkominfo,” ucap Prapto.

SIPUMA mendapat layanan informasi dan layanan publik yang dapat dengan mudah diakses melalui website https://sipuma.rembangkab.go.id.

Dirinya menjelaskan, pelayanan SIPUMA ada 3 hal fasilitas layanan registrasi bidang UMKM, informasi pelatihan bagi UMKM, dan Hallo UMKM.

Baca Juga :   Dispermades Rembang: BLT DD 2022 Masih Ada Amanah dari Pemerintah Pusat

“Yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM bisa request melalui aplikasi SIPUMA,” ucap Prapto.

Ia menjelaskan layanan SIPUMA meliputi layanan NIB (Nomor induk Berusaha), Layanan PIRT, Layanan HAKI, Layanan Sertifikasi HALAL, Layanan Usaha, Layanan Hallo UKM.

Langkah ini perlu didukung oleh operator yang cakap melayani dan paham terhadap layanan yang diberikan oleh aplikasi SIPUMA sehingga tidak mengecewakan pengguna.

”Aplikasi ini diharapkan dengan mudah mendukung Smart City. Dan memanfaatkan ruang yang ada. Sementara itu, PT BPR BKK Lasem siap menyediakan interior produk UMKM,” pungkasnya. (*)

Komentar