oleh

Ekonomi di Pati Naik Tahun Kemarin

Pati, SMJTimes.com – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pati tahun 2021 kemarin mengalami kenaikan. Hal tersebut pun mendapatkan tanggapan dari wakil rakyat.

Diketahui bahwa ekonomi Pati naik 4,34 persen pada tahun 2021, sebagai informasi, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati pada tahun 2021 sebesar 3,38 persen. Atau naik sekitar 4,53 persen dari tahun 2020 yang minus 1,15 persen.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M. Nur Sukarno. Menurutnya, kenaikan pertumbuhan ekonomi di Bumi Mina Tani tahun 2021 wajar-wajar saja. Pasalnya, yang berdampak pandemi Covid-19 kebanyakan dari warga yang bertempat tinggal di perkotaan dan sekitarnya.

Ekonomi di Pati Naik Tahun Kemarin

“Warga yang bertempat tinggal di desa tidak begitu berdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Sehingga wajar-wajar saja kalau pertumbuhan ekonomi naik,” ucap Sukarno.

Baca Juga :   Tips Tangani Ancaman Stunting Anak secara Mandiri

Ia berharap tahun ini pertumbuhan ekonomi bisa naik, sehingga bisa menjadi 5 persen. Namun melihat kondisi yang masih seperti ini, belum bisa naik sampai segitu.

“Kalau prediksi saya, tidak sampai di angka 5 persen. Ya mudah-mudahan pertumbuhan ekonomi tahun ini harus diatas 5 persen,” jelasnya kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Kemudian penyumbang sektor terbesar untuk PDRB tahun 2021 di Kabupaten Pati ada tiga sektor yakni industri pengolahan, pertanian, kehutanan, perikanan dan perdagangan.

“Untuk sektor industri pengolahan nilainya mencapai 27,29 persen, sedangkan sektor pertanian, kehutanan, perikanan nilainya mencapai 24,53 persen dan sektor perdagangan nilainya mencapai 14,67 persen,” sambungnya. (adv)

Komentar

News Feed