oleh

Meski Banjir Surut, Sawah di Banjarsari Masih Terendam Air

Pati, SMJTimes.com – Meski intensitas air hujan sudah berkurang, kondisi ini tak membuat air banjir di sawah Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati surut. Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarsari mengungkap puluhan hektar sawah di Banjarsari terancam gagal tanam.

Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Sudiman menerangkan setiap tahun Desa Banjarsari berpotensi dilanda banjir kategori sedang hingga tinggi. Pasalnya, secara geografis desa tersebut diapit sungai-sungai besar.

Ia menyebut saat puncak hujan kemarin, sebanyak 50 hektar sawah Desa Banjarsari terdampak banjir dadakan.

“Di sini tiap tahun itu banjir, besar kecil-nya tetap banjir. Sampai sekarang surutnya sedikit. Sawahnya masih ada airnya. Belum bisa surut sepenuhnya,” ujar Sudiman saat ditemui di Balai Desa Banjarsari, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga :   Bantu Warga Terdampak PPKM Darurat, Kodim Pati Salurkan 9 Ribu Paket Sembako

Ia juga menerangkan masa tanam di Banjarsari biasanya dilakukan bulan November, namun untuk menghindari banjir, maka masa tanam diajukan di bulan September dan Oktober. Tak sesuai prediksi, curah hujan tahun ini malah mencapai puncaknya di bulan November.

Saat ditanya tentang asuransi pertanian, ia mengatakan program tersebut sulit dinikmati oleh petani setempat. Hal ini lantaran setiap tahunnya sudah dipastikan kebanjiran.

“Asuransi pertanian kemarin dikembalikan karena di sini banjir terus. Tapi ini mungkin kelompok tani yang lebih bisa jawab,” terang Sudiman.

Untuk meminimalisir dampak banjir di area pesawahan dan pemukiman, Sudiman mengaku secara berkala pihaknya telah melakukan normalisasi saluran air.

Sejumlah ruas jalan di area pemukiman juga terus ditinggikan, agar akses jalan mudah dilewati untuk keperluan mobilitas warga ketika dilanda banjir.

Baca Juga :   Pemerintah Tiadakan Santunan Kematian Covid-19, Dewan Pati Menyayangkan

“Makanya jalannya saja yang ditinggikan. Biarpun banjir rumahnya, tapi kalau jalan tinggi kan masih enak untuk beraktivitas,” tandasnya. (*)

Komentar

News Feed