oleh

DLH : Sampah di Rembang Mencapai 12 Ribu Ton Tahun 2021

Rembang, SMJTimes.com – Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang, sampah di Rembang mencapai 12 ribu ton lebih dalam tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Rembang, Aditia Diyah Suryanti.

Ia mengatakan, data tersebut merupakan estimasi dari perkalian perhari sampah yang masuk Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan jumlah hari dalam setahun.

“Sampah di TPA tahun 2021 sekitar 12.775 ton di seluruh Rembang. Dengan estimasi perkalian jumlah sampah perhari dikali 365 hari. Jadi jumlah sampah perharinya yang masuk TPA ada 35-36 ton. Sehingga dikalikan dengan setahun, dalam setahun ada 365 hari,” ucapnya.

DLH Sampah di Rembang Mencapai 12 Ribu Ton Tahun 2021

Wanita yang sering disapa Bu Tia menyebutkan, sistem penanganan dan pengelolaan sampah di Rembang dilakukan dengan dua cara. Yakni berupa pengurangan yang dilakukan pada tataran masyarakat dan pada tataran pemerintah berupa penanganan.

Baca Juga :   Hasil Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS di Rembang Resmi Diumumkan

“Pengurangan melibatkan masyarakat atau KSM (kelompok swadaya masyarakat) untuk mengolah sampah di pihak desa.  Melalui ini sudah terbentuk bank sampah.” ungkapnya kepada SMJTimes.com saat ditemui di kantornya, Selasa (26/10/2021).

Menurutnya, saat ini bank sampah yang ada di Kabupaten Rembang berjumlah 93 unit. Sebelum adanya pandemi Covid-19 setiap tahunnya ada peningkatan bank sampah.

“Sekarang ini karena adanya pandemi Covid-19 dan adanya pembatasan sosial sehingga dalam penimbangan yang awalnya dua minggu sekali, sekarang sebulan sekali,” jelasnya.

Lebih lanjut, DLH Kabupaten Rembang juga melibatkan pihak sekolah dalam menanggulangi produksi sampah, terutamanya sampah plastik. (*)

Komentar

News Feed