Umroh Tahun Ini Jadi Acuan Saudi Izinkan Haji Tahun Depan

Pati, SMJTimes.com – Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, Abdul Hamid mengatakan, pelaksanaan umroh bagi jamaah Indonesia tahun ini menjadi acuan Saudi memberi akses warga Indonesia untuk menjalankan ibadah haji tahun 2022.

Diketahui, setelah penandatanganan nota diplomatik pada tanggal 8 Oktober 2021 lalu, Kerajaan Arab Saudi pada akhirnya mengizinkan jamaah Indonesia untuk berumroh ke tanah suci. Sebelumnya hampir setahun lamanya Indonesia disuspen untuk memasuki tanah suci.

Meski belum ada kepastian terkait kapan umrah bisa dilaksanakan kembali, Abdul Hamid memperkirakan ibadah umrah bisa dilaksanakan mulai November 2021, sama seperti pelaksanaan umrah tahun sebelumnya.

Ia menegaskan jika pada penyelenggaraan umroh tahun ini kembali ada jamaah yang terpapar Covid-19 di Saudi kemungkinan haji tahun depan diundur lagi. Hal ini menjadi akibat kredibilitas kemampuan Indonesia mengendalikan Covid-19 dan memonitor warganya berangkat ke luar negeri rendah.

Komentar