oleh

Dinkop UMKM Pati Lakukan Sosialisasi Terkait Pelaku UMKM Tidak Ambil Uang

Pati, SMJTimes.com– Pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tidak serta merta bisa langsung sekaligus, namun secara bertahap. Dari pihak bank juga mengatur jadwal pencairan bantuan BPUM UMKM tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid ) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM) Kabupaten Pati. Hendri Kristianto menyampaikan pencairan BPUM tidak dapat dilakukan dalam satu hari, pihak bank saat ini mengatur jadwal setiap hari hanya dapat menerima 25 pencairan BPUM.

“Pencairan BPUM tidak bisa dalam satu hari dicairkan sekaligus karena di bank seperti BRI dalam sehari setiap unit hanya ada kurang lebih 25 penyaluran,” kata Hendri kepada mitrapost.com saat ditemui di kantornya, pada Senin (18/10/2021).

Baca Juga :   Program Asimilasi Rumah, 4 Napi Kembali Melakukan Tindak Pidana

Ia melanjutkan keadaan yang seperti sekarang ini, bank tidak bisa melaksanakan dengan banyak kerumunan lantaran adanya tahap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kemudian sampai saat ini banyak kendala yang masih dialami oleh pelaku UMKM. Masih banyak pelaku UMKM belum mengetahui kalau mereka mendapatkan bantuan tersebut.

“Teman-teman pelaku UMKM yang mendapatkan BPUM belum tahu, kemungkinan beliau belum bisa membuka e-form BRI,” jelas Hendri.

Pria yang akrab dipanggil Pak Kris menegaskan kalau masih banyak orang yang belum mengambil uang bantuan tersebut. Padahal uangnya sudah masuk di rekening para pelaku UMKM.

“Makanya kami gencar untuk memberikan sosialisasi kepada teman-teman pelaku UMKM yang sudah mendaftar terus mengecek e-form BRI,” ungkapnya.

Baca Juga :   Anggota DPRD Pati Menyayangkan Kebijakan Pemkab Tak Me-Rapid Test Semua Santri

Lebih lanjut, Dinkop UMKM membuat surat yang diberikan kepada Kecamatan, lalu Kecamatan nantinya bisa mensosialisasikan ke setiap desa dan nantinya pihak aparat Desa bisa menyampaikan kepada masyarakat terkait bagaimana cara untuk mengecek bantuan tersebut. (*)

Komentar

News Feed