Sampah Sungai Jadi Masalah Lingkungan Serius di Pati

Pati, SMJTimes.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati menyebut, tumpukan sampah sungai merupakan masalah lingkungan yang serius di Kabupaten Pati. Tulus Budiharjo selaku Plt. Kepala DLH Pati menyebut, aduan terkait penumpukan sampah dilayangkan warga setiap tahunnya.

“Sampah sungai sudah sangat menjadi perhatian yang cukup serius karena bisa membunuh biota sungai, mengganggu pengguna sungai karena penyumbatan. Kalau orang membuang sampah di sungai mereka pikir sudah hanyut hilang, padahal menumpuk,” kata Tulus kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Selasa (28/9/2021).

Menurut teori yang kemukakan oleh Tulus, warga Pati per harinya berpotensi menghasilkan sampah 0,5 kilogram. Sungai menjadi salah satu media favorit membuang sampah.

Baca Juga :   Kuliner Khas Pati Ini Bisa Jadi Pelipur Rindu Bagi Warga Pati yang Baru Pulang Mudik

Data yang dihimpun dari DLH, pada semester pertama tahun 2021 secara terjadi penurunan sampah sebanyak 19,53 persen sampai 41,1 persen. Kendati demikian, volume sampah sungai tak mengalami perubahan yang signifikan, hal ini membuktikan bahwa sampah sungai cukup sulit dikendalikan.

Komentar