oleh

Kemenag Pati Bakal Tempel Barcode di Masjid

Pati, SMJTimes.com – Teknologi digital merambah ke berbagai sektor tak tercuali keagamaan. Kemenag Pati akan menempelkan barcode ID di Masjid se-Kabupaten Pati, barcode tersebut berfungsi sebagai database rumah ibadah yang terintegerasi hingga pemerintah pusat.

Hal ini disampaikan oleh Taufik Muhammad Nur, ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) kantor Kemenag Pati. Ia menjelaskan, sebenarnya program digitalisasi masjid dari Kemenag sudah berjalan lama. Seluruh masjid di Pati sudah masuk dalam Sistem Informasi Masjid (Simas) Kemenag. Namun para pengurus takmir belum mengetahui nomer ID masjidnya.

“Kepada takmir kita akan serahkan dua atribut. Pertama kartu ID Simas, plus kita tempel nomer ID bentuknya semacam barcode ke masjid, masyarakat agar tahu id nya. Supaya masing masing masjid sudah terdaftar di Simas dan mendorong masjid yang belum untuk mendaftarkan diri,” kata Taufik, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga :   Pemkab Pati Pastikan Tak Ada Pemotongan Insentif Nakes

“Yang kedua berupa surat (semacam sertifikat) dari kepala KUA tentang surat keterangan ID,” imbuhnya.

Lanjut Taufik, bagi masjid yang telah terdaftar dalam Simas dan menerima kartu ID bisa mendapatkan beberapa benefit, diantaranya terdaftar sedara resmi dan terlacak untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Katakanlah ada berapa masjid yang ada kalau ada permohonan bantuan dan sebagainya yang dibantu akan jelas kebutuhannya apa, juga biar tidak tumpang tindih,” imbuhnya.

Sementara di sisi Kemenag, ID Simas berfungsi sebagai perangkat koordinasi antara Kemenag hingga takmir masjid di lini bawah.

Program ini terang Taufik akan mulai dicanangkan paling cepat bulan depan. Dalam pelaksanannya pendataan akan dilakukan oleh penyuluh agama Islam di setiap kecamatan.

Baca Juga :   Tak Kantongi Izin, Pertunjukan Sedekah Bumi di Pati Dibatalkan

“Untuk tahun ini kita pilot project di Kecamatan Jakenan. Mungkin baru 45-an masjid, yang di kecamatan lain kita lihat bertahap. setelah masjid kita akan berpikir tentang kegiatan yang sama terhadap musala,” tandas Taufik.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Digitalisasi Tempat Ibadah, Masjid di Pati Akan Dipasangi Barcode ID”

Komentar

News Feed