oleh

Agar Kebutuhan Tercukupi, Ini Tips Mengatur Keuangan Bagi Pelajar

SMJTimes.com – Keuangan pribadi pelajar dan mahasiswa umumnya sangat terbatas. Untuk itu agar dapat mencukupi semua kebutuhan, kalian perlu mengetahui cara mengatur keuangan.

Sebagai mahasiswa atau pelajar kalian sudah harus belajar untuk hidup mandiri. Mampu mengatur keuangan merupakan salah satu wujud dari hidup mandiri.

Kebanyakan dari kalian mungkin masih mengandalkan uang bulanan dari orangtua karena memang tujuan utama kalian adalah belajar. Selain sibuk belajar kalian harus bisa benar-benar membagi keuangan sesuai anggaran dan jangan terlalu boros. Kalian harus benar-benar mengelolanya dengan baik serta bijaklah dalam membelanjakannya.

Kebiasaan mengatur keuangan tidak hanya berdampak baik saat kalian berkuliah atau sekolah saja, akan tetapi bisa juga kalian terapkan ketika kalian sudah bekerja dan berkeluarga. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan pribadi agar semua kebutuhan dapat tercukupi, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga :   Segudang Manfaat Anggur bagi Kesehatan

1.      Membuat Daftar Anggaran Kebutuhan Prioritas

Pelajar atau mahasiswa saat ini lebih senang membelanjakan uanganya tanpa mengatur anggaran terlebih dahulu. Maka dari itu perlu sekali kalian membuat daftar anggaran kebutuhan prioritas. Daftar anggaran tersebut nantinya berisi kebutuhan bulanan yang sifatnya prioritas dan harus diutamakan.

Seperti kebutuhan pokok makan, bayar kost (bagi yang kost bulanan), kebutuhan kebersihan, bayar tagihan (listrik, air, dan wifi), kebutuhan kecantikan (bagi perempuan), kebutuhan ATK beserta lainnya, dan masih banyak kebutuhan lainnya yang bersifat kondisional serta darurat. Selain itu nominal uangnya juga harus kalian tentukan, sehingga nantinya akan memudahkan kalian dalam menggunakan atau membelanjakannya.

2.      Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Tips selanjutnya adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu. Catatlah semua pemasukan dan pengeluaran keuangan. Kamu bisa menyiapkan buku atau memo kecil sebagai tempat untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Kamu bisa isi dengan tanggal kamu mendapatkan atau mengeluarkan uang dan nominalnya.

Komentar