oleh

Paket BLK Tahun Depan Diperkirakan Kena Pangkas Refocusing Covid-19

Pati, SMJTimes.com – Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pati akhirnya kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi (PBS) secara tatap muka bulan ini setelah beberapa kali mengalami penundaan akibat Pemberlakukan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang.

Yatin Joko Sutopo, Kasubag Tata Usaha UPTD BLK Disnaker Pati mengatakan bulan ini UPTD BLK Pati membuka 4 paket pelatihan, dan merupakan yang terakhir di periode tahun 2021.

“Ini masih tersisa empat paket kita laksanakan awal Agustus. Kejuruannya ada kecantikan, service AC, komputer, tata boga,” ungkap Joko kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Selasa (31/8/2021).

Selain di UPTD BLK, Disnaker Pati juga menggelar pelatihan kerja di desa-desa tahun depan. Pelaksanaannya akan bekerjasama dengan anggota DPRD Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Penerapan PPKM Mikro, Dewan Harap Pemkab Berpihak pada Pelaku Usaha

Joko mengungkapkan antusiasme warga Pati mendaftar pelatihan di BLK bulan ini cukup tinggi.  Tahun ini BLK Pati hanya mampu melatih 496 peserta sementara pendaftarnya berjumlah dua kali lipatnya.

Joko menduga di masa PPKM semakin banyak masyarakat yang mencari pekerjaan dan membutuhkan sertifikat dari UPTD BLK Pati.

“Peminatnya banyak, kemarin kita mundur terus. Kalau nggak jalan kan kasihan mereka butuh sertifikat keterampilan terpaksa kita jalankan,” ungkap Joko.

Ia menyayangkan tahun ini pemerintah pusat mengurangi 50 persen anggaran paket pelatihan di-refocusing untuk dana Covid-19. Jika tahun-tahun sebelumnya Disnaker Pati bisa menggelar 70 paket latihan, tahun ini hanya tersisa 31 paket.

Sayangnya, lanjut Joko, tahun depan ada kemungkinan paket pelatihan akan dikurangi lagi lantaran pandemi Covid-19 belum bisa dikendalikan.

Baca Juga :   Napi Kabur Saat Asimilasi, Jejak Slamet Wibowo Ditemukan di Dawe Kudus

“Tahun ini sudah dikurangi kalau dulu sampai 70 sekarang hanya 31.  Tahun depan kemungkinan dikurangi 50 persen lagi. Mungkin tersisa 15-an,” ujarnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Paket Pelatihan BLK Pati Dikurangi Lagi Tahun Depan”

Komentar

News Feed