oleh

Pandemi Covid-19, PAD Pati Merosot hingga Rp55 Miliar

Pati, SMJTimes.com – Target pendapatan total Daerah Kabupaten Pati tahun 2021 turun Rp55.366.000.000 akibat rasionalisasi APBN untuk penanganan pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pendapatan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati, Prapto Suseno. Penurunan pendapatan tersebut berasal dari berbagai sektor.

Diantaranya pendapatan yang bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD) berupa pajak dan retribusi, juga pendapatan yang bersumber dari pusat seperti DAU (dana alokasi umum), DAK (dana alokasi khusus), Dana BOS (bantuan operasional sekolah), dan dana bagi hasil dari pusat.

“Secara umum di perubahan diakibatkan dampak dari pandemi berakibat pada target pada pendapatan secara total ada juga dana dari pusat yang turun. Proporsinya banyak yang turun banyak yang dari pusat hampir Rp55.366.000.000 dari sisi pendapatan,” ungkap Prapto kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.

Baca Juga :   Kasus Stunting di Pati Turun Menjadi 6,1 Persen Per Juni

Prapto menambahkan, dalam agenda perubahan APBD beberapa waktu yang lalu, Pemkab Pati juga telah melakukan beberapa rasionalisasi pendapatan dari 11 sektor pajak.

Rasionalisasi anggaran ini diwujudkan dengan menurunkan target pendapatan pajak di 5 sektor pajak yakni pajak resto, hotel, reklame, hiburan, pajak penerangan jalan. Diketahui sektor-sektor tersebut mengalami penurunan omzet akibat masa PPKM.

Sementara, 6 sektor pendapatan pajak dinaikan taregetnya. Diantaranya pajak Minerba (mineral dan batubara), parkir, burung walet, PBB (Pajak Bumi Bangunan) dan PPhTB (penghasilan final atas pengalihan hak atas tanah).

“Di perubahan, ada pajak darah yang kita kelola dinaikkan Rp1,7 miliar. Kita melihat potensi yang tidak terdampak seperti PBB dan PPhTB sedikit sekali dampaknya sehingga bisa kita naikkan potensinya,” ungkap Prapto.(*)

Baca Juga :   Harga Pupuk Non Subsidi Naik Dua Kali Lipat

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Target Pendapatan Kabupaten Pati Turun Rp55 Miliar Lebih Tahun Ini”

Komentar