oleh

6 Cara Jadikan Ruangan Sejuk Meski Tanpa AC

SMJTimes.com – Ruangan yang nyaman menjadi salah satu hal yang kita harapkan saat melakukan aktivitas. Tak hanya meningkatkan mood yang baik dalam bekerja maupun beraktivitas lainnya, ruangan yang nyaman dapat meredam stres.

Seringkali rasa panas menyeruak ruangan yang tak ber-AC. Hal ini membuat banyak orang tak nyaman hingga tak fokus dalam bekerja maupun istirahat.

Tak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan agar ruangan tanpa AC bisa sejuk dan nyaman, melansir Kompas.com.

  1. Tutup gorden pada siang hari

Menutup gorden di siang hari menghindarkan udara panas agar tak masuk ke dalam ruangan. Pasalnya, membiarkan gorden terbuka di siang hari memberi ruang sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Baca Juga :   Belehkah Penderita Diabetes Konsumsi Kurma saat Berbuka?

Sebaliknua menutup tirai menutup celah masuknya udara panas masuk ke ruangan.

Ini menjadi salah satu cara ampuh untuk membuat ruanganmu sejuk meskipun tanpa AC.

  1. Buka jendela dan pintu rumah pada malam hari

Di malam hari udara cenderung lebih sejuk. Ini menjadi kesempatan buat Kamu mendapatkan udara yang segar dengan angin sepoi-sepoi di malam hari.

Malam hari menjadi waktu yang tepat dan leluasa untuk membuka ruang interior hingga pintu rumah.

  1. Letakkan es atau air dingin di depan kipas angin

Meletakkan es di depan kipas angin dapat menghasilkan udara yang jauh lebih sejuk menyebar ke sekitar ruangan.

  1. Letakkan kasur di lantai

Tips agar tak merasa kegerahan saat tidur dengan cara meletakkan kasur di lantai. Posisi di dekat lantai memberikan suasana yang lebih sejuk dan tenang saat beristirahat.

Baca Juga :   Kulit Sehat dan Mulus dengan Diet Vegan, Begini Penjelasan Ahli

Lebih baik lagi jika Anda mencoba untuk tidur di alas atau matras yang secara bentuk dan ukuran lebih tipis sehingga lebih nyaman dan sejuk.

  1. Gunakan lampu LED

Umumnya, alat elektronik di rumah memancarkan panas termasuk lampu. Misalnya saja bohlam yang memancarkan panas lebih besar dibandingkan dengan teknologi lampu saat ini.

Menggunakan lampu LED menjadi alternatif agar energi panas yang dipancarkan tak terlalu besar.

Lampu LED ini tidak memancarkan panas yang berlebihan, sehingga dapat membantu membuat ruangan Anda tetap dingin dan sejuk. Selain itu lampu LED juga ternyata jauh lebih hemat listrik, lebih canggih dan juga dapat diubah pengaturan warnanya.

  1. Beli kasur, bantal dan seprei dengan material yang adem

Anda dapat membeli kasur, bantal dan seprei yang terbuat dari material yang adem dan dingin. Jika Anda belum memiliki budget yang cukup untuk membeli kasur yang nyaman, maka sebagai gantinya terlebih dahulu membeli seprei bermaterial katun. (*)

Baca Juga :   Habis Nangis Semalaman? Tips Menghilangkan Mata Sembap

 

Komentar

News Feed