oleh

7 Manfaat Konsumsi Beras Merah Bagi Kesehatan

Mitrapost.com – Nasi sering kali dikaitkan dengan penyebab kenaikan berat badan seseorang. Umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi putih sebagi sumber utama karbohidrat.

Banyak orang yang beralih dari nasi putih ke nasi merah karena dianggap lebih menyehatkan tubuh. Berikut ini manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh.

  1. Dapat menurunkan glukosa darah

Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes dapat merusak mata, ginjal, dan juga menyebabkan penyakit jantung koroner. Indeks glikemik beras merah yang rendah membantu menjaga kadar gula, menjadikannya pilihan utama bagi penderita diabetes.

  1. Membantu mengelola asma

Karena beras merah adalah sumber magnesium yang luar biasa, beras merah dapat membantu memperbaiki pola pernapasan. Terlebih lagi, dapat meningkatkan konsumsi oksigen dan sirkulasi dalam tubuh sehingga membantu mengelola asma dengan lebih baik.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Beras merah mengandung kalsium dan magnesium yang keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang yang baik. Varietas ini dapat mencegah radang sendi, osteoporosis, dan penyakit terkait tulang lainnya.

  1. Membantu pencernaan

Beras merah adalah sumber serat larut dan tidak larut, yang dapat memudahkan buang air besar dan meningkatkan pencernaan. Serat dapat bermanfaat untuk mengatasi diare dan sembelit.

  1. Membantu dalam penurunan berat badan

Nasi merah akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dari waktu ke waktu. Tidak heran, ini sangat baik untuk manajemen berat badan.

Baca Juga :   7 Manfaat Air Rebusan Serai, Atasi Kembung hingga Diare

Kandungan lemak dalam beras merah adalah nol. Itulah sebabnya ia membantu mengurangi rasa lapar. Dengan demikian, nasi merah bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda ingin menurunkan berat badan.

  1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Jika seseorang memiliki masalah jantung , beralih dari nasi putih ke nasi merah akan membuat perbedaan besar. Kehadiran biji-bijian utuh dalam beras merah tentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga efektif menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Sifat antioksidan kuat dari antosianin dapat menunda tanda-tanda penuaan dini dan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Selain itu, ia dikemas dengan mineral dan vitamin, seperti seng, zat besi, dll, yang membantu menjaga kulit tetap sehat.

Baca Juga :   Kulit Sehat dan Mulus dengan Diet Vegan, Begini Penjelasan Ahli

 

Komentar

News Feed