oleh

Dapur Umum Siap Suplai Makanan Pasien Isolasi Terpusat

Rembang, SMJTimes.com – Setelah terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang cukup signifikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang telah menetapkan Hotel Puri Indah Mondoteko sebagai tempat isolasi mandiri terpusat dan telah difungsikan sejak hari Minggu (13/6/2021) lalu.

Untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi masyarakat yang menjalani isolasi terpusat, Pemkab Rembang telah mendirikan dapur umum di gedung kesekretariatan PPKH di Jl. Slamet Riyadi No.5, Karanggaru, Mondoteko, Kec. Rembang.

Suraji, koordinator dapur umum menjelaskan dirinya beserta anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah mempersiapkan dapur umum sejak Minggu malam.

“Dapur umum ini mulai hari Senin sudah menyuplai makanan untuk yang isolasi terpusat di hotel Puri. Untuk jumlahnya ada 67 porsi tiap kirim, namun hari ini karena ada tambahan 3 yang baru masuk isolasi jadi totalnya ada 70 porsi. Kalau dihitung per hari berarti ada 210 porsi,” jelas Suraji saat ditemui.

Baca Juga :   Hari Lahir Pancasila, Hafidz: Perekat dan Pemersatu Bangsa

Suraji menambahkan untuk personel yang bertugas di dapur umum terdiri dari Tagana dan beberapa perwakilan instansi pemerintahan. Sedangkan, untuk jadwal masak sudah terjadwal dengan baik. Terkait persiapan makan pagi pihak Tagana sudah ada yang standby di lokasi karena persiapan dimulai dari jam 2 dini hari. Jumlahnya sekitar 6 sampai 8 personel.

“Makan siang dan sorenya kita dibantu instansi yang saya sebut. Dari Tagana dibantu BPBD, dan yang lain. Beberapa instansi juga mengirim dua personel untuk membantu kita disini, misal ada  Polres dan Kodim,” imbuhnya.

Lebih lanjut Suraji menjelaskan, sebagai koordinator dapur dirinya hanya menjalankan tugas terkait memasak dan mendistribusikan ke Hotel Puri Indah. Sedang bahan baku makanan sudah ada yang menghandel dari pihak pemerintah daerah.

Baca Juga :   Hafidz Imbau Masyarakat Tak Mudik dan Berwisata

“Kita bagian yang memasak dan untuk menunya kita sudah ada list-nya 10 hari kedepan. Menunya tiap hari berbeda, kita sesuaikan list-nya,” paparnya.

Untuk diketahui, saat per hari ini, Rabu (16/6/2011) Hotel Puri Indah sudah menampung sebanyak 48 OTG (Orang Tanpa Gejala) dengan memaksimalkan 24 kamar yang tersedia. Dan karena per hari selalu ada penambahan, maka pihak hotel sampai harus menggunakan aula sebagai tempat isolasi. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Dapur Umum Siap Cukupi Kebutuhan Makan Pasien Isolasi Terpusat”

Komentar

News Feed