oleh

Tingkatkan Kewaspadaan Kebakaran, Damkar Pati Tambah Pos Unit Penjagaan di Tayu

Pati, SMJTimes.com – Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati, Mirza Nur Hidayat menyampaikan jika pihaknya akan menambah pos unit Damkar baru. Pos tersebut akan berlokasi di Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati.

Menurutnya, langkah tersebut akan diwujudkan pada 2022. Dengan adanya pos unit Damkar di Kecamatan Tayu, diharapkan bisa memudahkan upaya antisipasi terjadinya kebakaran yang terjadi di Eks Kawedanan Tayu atau di wilayah Pati Utara.

“Kami akan mendekatkan diri dengan masyarakat. Supaya kami bisa lebih tanggap dan selalu siaga di dekat lokasi, maka diperlukan adanya pos di sana,” ujarnya kepada Mitrapost.com, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga :   Video : Detik-detik Kebakaran Rumah di Payakumbuh Timur, Mobil CRV Nyaris Hangus

Pasalnya, selama ini penempatan pos unit Damkar di Kabupaten Pati masih terbatas. Terdapat 4 pos Damkar, yakni satu unit di Tambakromo, 2 unit di Juwana, dan 1 unit di Pati.

“Sekarang baru terdapat 4 (empat) pos unit Damkar di Pati. 1 (satu) di Tambakromo untuk mengantisipasi kejadian kebakaran di Eks Kawedanan Kayen dengan 12 personel, 2 (dua) di Juwana untuk mengantisipasi kebakaran di Kawedanan Juwana dan Eks Kawedanan Jakenan dengan 15 personel, dan 1 (satu) di Kecamatan Pati Kota untuk mengantisipasi kebakaran di Eks Kawedanan Pati dan Eks Kawedanan Tayu dengan 60 personel yang nantinya kami pilih sesuai gilirannya,” ungkap Mirza.

Sebelumnya, Bidang Damkar dan Linmas telah mengusulkan pengadaan 2 (dua) unit mobil Damkar sejak tahun lalu supaya direalisasikan tahun ini. Tetapi karena terjadinya refocusing anggaran, maka anggaran dipakai untuk memfokuskan pengadaan kebutuhan logistik anggota.

Baca Juga :   Kandang Sapi Warga Jakenan Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp10 Juta

Ia mengaku ketersediaan tempat pos, mobil Damkar, personil, dan teknis pemadaman sangat penting dalam memadamkan si jago merah.

Mirza menyebut terdapat delapan mobil Damkar yang dipergunakan di Pati, tujuh diantaranya milik sendiri, sedangkan satu buah mobil pinjam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati. Selain terdapat armada mobil Damkar, pihaknya juga menggunakan satu kapal Damkar milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Alkon.

“Kami selalu bekerjasama dengan TNI dan Polri ketika mengatasi kebakaran. Kalau di laut kami bekerjasama dengan Bakamla dan Polair,” ucapnya.

Setiap personel yang bertugas akan selalu siap memadamkan kebakaran. Pasalnya pihak Damkar mengemban motto “Pantang Pulang Sebelum Api Padam”. (*)

Baca Juga :   Pantau Harga Sembako, Dewan Sidak Pasar

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Damkar Pati Akan Bangun Pos Unit Penjagaan di Kecamatan Tayu”

Komentar

News Feed