UPTD Puskeswan Dukung Kesehatan Hewan Warga Pati

Pati, SMJTimes.com – Mendukung kegiatan pelayanan kesehatan hewan di Pati, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati membentuk UPTD Puskeswan. Lembaga ini berlokasi di Jl. Syekh Jangkung No.5 Kelurahan Pati Kidul Kecamatan Pati.

Nurcahyo selaku Kepala UPTD Puskeswan Pati menceritakan UPTD Puskeswan pertama kali dibentuk pada tahun 2018. Sebelumnya lembaga fasilitas tersebut menyatu dengan UPTD Pertanian.

“Dulu itu UPTD masih pertanian, baru 2018 baru dibentuk UPTD Puskeswan. Memang dibutuhkan sekali, karena di lapangan dibutuhkan pelayanan kesehatan hewan, informasi veteriner (segala urusan yang berkaitan dengan hwan, produk hewan dan penyakit hewan) serta membawahi para mantri hewan di lapangan,” terang Nurcahyo saat ditemui kemarin.

Baca Juga :   Empat Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Pati Diringkus Polisi

UPTD Puskeswan juga memfasilitasi surat keterangan dokter hewan untuk rumah potong hewan atau pedagang yang ingin menjual hewan dan daging ke luar kota atau luar provinsi.

Adapun aktivitas harian yang dilakukan UPTD Puskeswan Pati adalah melaksanakan penyuluhan di tingkat kabupaten hingga kecamatan, mengatur retribusi jagal, memeriksa tempat pemotongan hewan hingga melayani pengobatan hewan peliharaan

Komentar