oleh

Kerap Terjadi Kebakaran, Damkar Pati Imbau Warga Tak Ceroboh

Pati, SMJTimes.com – Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati, Mirza Nur Hidayat menekankan agar masyarakat di Kabupaten Pati tidak ceroboh dalam melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran. Hal ini lantaran kasus kebakaran di Pati cukup tinggi.

Menurut Mirza, penyebab utama dari terjadinya kebakaran adalah human error. Sehingga ia memberi peringatan kepada masyarakat melalui pamplet.

Peringatan tersebut berisikan larangan melakukan pemasangan stop kontak bertumpuk dan membiarkan kabel terkelupas, membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah pada saat panas terik atau ketika angin bertiup, dan membiarkan kompor menyala tanpa pengawasan.

Baca Juga :   Baru Saja Diresmikan, Begini Cuplikan Isi Perda HIV/AIDS

Ia mengimbau supaya masyarakat lebih berhati-hati, termasuk dalam melakukan kegiatan yang ada kaitan erat dengan api. Serta ia menyarankan supaya masyarakat mennyediakan alat pemadam kebakaran skala kecil untuk pertolongan pertama. Seperti merawat dan menggunakan kompor dengan benar, menyediakan alat pemadam kebakaran di rumah, dan menempatkan obat nyamuk bakar di tempat aman.

Upaya tersebut merupakan tindak lanjut dari upaya pembinaan kepada masyarakat yang diperintahkan Bupati sejak Januari lalu.

Ia menambahkan, jika selama kurun waktu 5 (lima) bulan, telah terjadi 30 peristiwa kebakaran di Kabupaten Pati.

“Dari data kami, telah terjadi kebakaran sebanyak 30 kejadian. Terhitung sejak 1 Januari sampai 9 Juni 2021. Terparah di Pasar Sukolilo yang sampai membakar puluhan kios pada 21 Mei lalu,” ungkap Mirza.

Baca Juga :   Perayaan Tahun Baru 2021 di Pati, Lakukan Doa Bersama

“Kebakaran terakhir terjadi di Desa Kedalingan, yakni pada Selasa sore (8/6/2021),” imbuhnya.

Perlu diketahui, penyebab kebakaran paling banyak adalah akibat hubungan pendek arus listrik (korsleting). Berdasarkan catatan Bidang Damkar Linmas Satpol PP Pati terdapat 14 kebakaran akibat korsleting. Kemudian disusul akibat pembakaran sampah yang menempati urutan kedua, dengan jumlah 5 kejadian.

“Mari kita hindari tindakan ceroboh yang bisa sebabkan kebakaran. Dan, mari kita jaga diri kita dan keluarga kita. Semoga kita semua bisa selamat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan kepada masyarakat, bila terjadi kebakaran bisa menghubungi (0295) 383133 Damkar Pati. Dan melalui telepon seluler 08112783113 di Pati, 08112673113 di Juwana, dan 08112823113 di Kayen. (*)

Baca Juga :   Sempat Tersiar Kabar Bocah 10 Tahun di Pati Dibakar Temannya, Begini Penjelasan Polisi

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “30 Kasus Kebakaran di Pati, Damkar: Masyarakat Jangan Ceroboh!”

Komentar

News Feed