oleh

Panen Tebu Tahun Ini Diprediksi Meningkat

Rembang, SMJTimes.com – Panen tebu pada tahun ini, untuk petani di Rembang diprediksi bakal meningkat dibanding tahun kemarin.

Melalui Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Rembang, tahun ini diprediksi dapat mencapai 50 ton lebih.

Ika Himawan Kabid Perkebunan Dispertan Rembang mengatakan, setidaknya tahun ini ada sekitar 60 ton ke atas panen tebu yang ada di Rembang.

Hal ini diakui oleh Ika sebanding lurus dengan keberadaan luasan lahan tebu yang mengalami penambahan.

“Dari Pembibitan ada tambahan 225 hektare, bongkar ratun, rawat ratun kemungkinan semuanya ada seribu hektare. Sedangkan pada tahun 2019 kemarin ada enam ribu hektare. Dan panen diperkirakan mencapai 60 ton,” ungkapnya.

Baca Juga :   Dinsos PPKB Rembang Kreasikan Rengginang dengan Berbagai Rasa

Ia juga menjelaskan, berkurangnya lahan pada tahun kemarin dikarenakan sejumlah faktor. Mulai dari bantuan yang tidak tersedia dari pemerintah, yang mengakibatkan petani kebun memilih tidak menanam.

Di sisi lain, para petani di Rembang lebih memilih tembakau. Hal ini, mengingat keuntungan yang dihasilkan oleh komoditas ini lebih menjanjikan secara finansial.

“Berkurang karena tidak dapat bantuan, petani lebih memilih tembakau yang lebih menguntungkan tahun kemarin berkurang, tahun ini bantuan,” tambahnya.

Sedangkan pada tahun ini, lahan perkebunan tebu bertambah 1000 hektare karena mendapatkan bantuan dari Dirjen Perkebunan. Sehingga total pada tahun ini, lahan yang ditanami tebu hampir 7000 hektare di Rembang. (Adv)

 

Baca Juga :   Pemkab Rembang: Harga Gabah Cenderung Stabil

Komentar

News Feed