oleh

Kaya Serat dan Antioksidan, Berikut Manfaat Beras Cokelat

Selain itu, menurut penelitian beras cokelat kaya akan asam fitat, serat, dan polifenol esensial. Ini merupakan jenis karbihidrat kompleks yang membantu pelepasan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

  1. Melancarkan pencernaan

Beras cokelat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga kandungan serat itulah yang membantu mengatur pergerakan usus dan membuat kita merasa cepat lebih kenyang.

Menurut studi, lapisan dedak pada beras cokelat menyebabkan pengosongan lambung lebih lambat, sehingga membuat kenyang lebih lama dan memadatkan tinja.

Kandungan serat yang tinggi pada beras cokelat juga membantu mengatasi masalah lain, seperti sembelit dan radang usus besar.

  1. Mengandung antioksidan

Beras cokelat memiliki lebih banyak fitokimia yang menunjukkan aktivitas antioksidan, terutama jika dibandingkan dengan nashi putih atau biji-bijian yang banyak diproses.

Baca Juga :   Kenali Pentingnya Penggunaan Tabir Surya Saat Beraktivitas

Tak hanya itu, beras cokelat juga kaya akan flavonoif seperti flavon dan tricin, antara lain yang menambahkan aktivitas antioksidannya.

Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel dari stress oksidatif yang disebabkan oleh molekul yang dikenal sebagai radikal bebas.

Stres oksidatif dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, Alzheimer, dan bentuk kanker tertentu.

  1. Mencegah obesitas

Menurut sebuah penelitian menyebut, beras merah memiliki dampak positif bagi tubuh terkait penurunan indeks massa tubuh dan lemak.

Tak hanya itu, beras cokelat juga mampu meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase, yang merupakan enzim antioksidan yang berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik pada orang gemuk.

  1. Bersifat neuroprotektif

Memiliki pola makan tinggi kolestrol dapat meningkatkan risiko gangguan neurodegenerative dan mengganggu kinerja kognitif.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Mata, Konsumsi Makanan Berikut

Beras cokelat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dengan menggantinya dengan kandungan yang lebih sehat, yakni serat.

Komentar