oleh

Mitigasi Tempat Ibadah Guna Cegah Penyebaran Covid-19

Pati, SMJTimes.com – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gabus menyayangkan rendahnya penerapan protokol kesehatan pada tempat ibadah di Gabus.

Muhammad Ahsin, Kepala KUA Pati mengaku baru-baru ini terjadi beberapa pelanggaran protokol kesehatan di lingkungan tempat ibadah jelang hari raya Idul Fitri.

Terutama saat kegiatan takbir keliling malam idulfitri di Desa Karaban beberapa waktu lalu. Bahkan Bupati Pati secara pribadi harus turun tangan membubarkan arak-arakan dan kerumunan penonton.

Tak hanya itu Ahsin juga mengaku sebuah desa di Gabus menolak melakukan imbauan KUA dan Pemkab Pati untuk meniadakan ibadah sholat Idul fitri ketika ada salah satu warganya tertular virus corona.

Baca Juga :   Ansor dan Banser Minta Pemkab Pati Tutup Permanen Lokalisasi

Ahsin mengaku akan mengerahkan Penyuluh Agama Islam untuk mengingatkan warga agar mendahulukan physical distancing dibandingkan ibadah yang sifatnya sekunder.

“Kita akan ingatkan bahwa ritual semacam itu tidak wajib hukumnya, Sunnah saja enggak. Bukan cari pahala itu namanya,” kata Ahsin

Koordinasi dengan pihak Satgas Penanganan Covid-19 dan pihak keamanan di tingkat daerah juga terus ditingkatkan.

Dalam rangka antisipasi dan mitigasi serta melindungi warga dari potensi penyebaran covid-19 dalam kegiatan masyarakat.

Sementara itu, Taufik Muhammad Nur, Ketua Forum Penyuluh Agama Islam (FKPAI) pada Kementerian Agama Kabupaten Pati saat ini telah menyusun group WA tingkat takmir masjid mushola di 21 Kecamatan se Kabupaten Pati untuk media koordinasi pengurus masjid, pihak Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Kebiri Kimia Predator Seksual, Dewan: Bisa Beri Efek Jera

“Ini kita anggap perlu melihat banyaknya kasus pelanggaran protokol kesehatan di tempat ibadah. Setelah group WA kita akan lanjutkan agar bisa membuat Dewan Pengurus Masjid (DMI) di tingkat Kecmatan,” kara Taufik saat diwawancarai di Kemenag Kabupaten Pati

“Di beberapa kesempatan juga kita telah edarkan naskah qutbah jumat untuk selalu mengingatkan pentingnya protokol kesehatan dilihat dari perspektif agama islam,” tandas Taufik. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Tokoh Agama Lakukan Antisipasi dan Mitigasi di Tempat Ibadah”

Komentar

News Feed