oleh

Genjot Program Food Estate, 30 Penyuluh Pertanian Pati Ikuti Pelatihan di Bandung

Pati, SMJTimes.com – Dinas Pertanian Kabupaten Pati kembali lakukan kegiatan Diklat Tematik Mendukung Program Food Estate kepada 30 penyuluh pertanian se-Kabupaten Pati, hari ini (27/5).

Acara yang di gelar di aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pati ini diinisiasi oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Bandung.

Muhtar, Plt Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati menyebut Para penyuluh pertanian akan diberikan materi pembelajaran sikap dan perilaku. Khususnya pada aspek kedisiplinan, motivasi, kepemimpinan, kerjasama dan prakarsa.

“Kita harus bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan mental down. Sebagai petugas lapangan yang merupakan personifikasi Dinas Pertanian.

Hal penting yang harus dilakukan adalah niat dan menjiwai apa yang jadi tugasnya. Sebagai penyuluh pertanian harus mampu menjiwai seorang petani,” ujar Muhtar dalam sambutannya hari ini, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga :   Dukung Vaksinasi, Dewan Siap Kawal Penyuntikan

Pelatihan akan digelar selama 3 hari, dari 27- 30 Mei 2021. Di hari pertama peserta mendapat materi dasar, di hari kedua materi penunjang, dan di hari ketiga materi inti. Dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Menariknya, setiap hari sebelum memulai materi peserta diwajibkan memasukkan satu koin ke dalam kotak daily mood gembira, biasa, sedih yang telah disediakan sesuai dengan suasana hati peserta.

Peserta juga diwajibkan melakukan evaluasi kepada fasilitator acara (Dispertan, BBPP Lembang, dan pemateri) berupa saran yang membangun untuk peningkatan kerja fasilitator.

Irwan Kurnia, Widyasuara BBPP Lembang menyebut hadirnya program food di Pati adalah respons terhadap meningkatnya pertumbuhan penduduk di Jawa Tengah. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk ketersediaan pangan juga perlu ditingkatkan.

Baca Juga :   Dewan Apresiasi Pelaksanaan Bimtek Penyuluh Pertanian

“BBPP maka berkewajiban menyampaikan amanat yang berupa tugas dan fungsi menyelenggarakan pelatihan 30 orang penyuluh. Semoga bisa menularkan ke penyuluh yang lain,” katanya.

Sebelumnya, BBPP Lembang juga telah melakukan diklat tematik kepada 60 orang di perwakilan kelompok tani Kecamatan Gabus dan Wedarijaksa.

“Total target kita melatih 15 kabupaten. 18 angkatan untuk pengembangan food estate di Jawa Tengah. Yang sudah ada food estate saat ini baru Sukoharjo, Karanganyar, dan Sragen. Pati sedang dalam rencana,” kata Irwan Kurnia. (Adv)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “BBPP Lembang Bandung Latih 30 Penyuluh Pertanian Pati”

 

Komentar

News Feed