oleh

Badan Siber dan Sandi Negara Lakukan Penilaian CSIRT Pati

Pati, SMJTimes.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Pati Indriyanto mengatakan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) tengah dinilai oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Penilaian ini berlangsung selama dua hari, yakni mulai Rabu (28/4/2021) hingga Kamis (29/4/2021). Tim BSSN langsung terjun ke Diskominfo Kabupaten Pati untuk melakukan penilaian.

“(CISRT) ini salah satu program Kominfo Kabupaten Pati agar bila ada permasalahan siber bisa kita lakukan tindakan, bila ada yang meretas bagaimana tindakan, ini lewat CISRT ini,” ujar Indriyanto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/4/2021) kemarin.

Sementara itu, Marselina Tri N, selaku Koordinator Penanggulangan Siber Pemerintah Pusat mengatakan pihaknya diperintahkan oleh Direkturnya untuk mengawal pembentukan CISRT di Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Pati Buka Layanan Panggilan Pengaduan Covid-19

Ia mengungkapkan, Kabupaten Pati sudah mempunyai CISRT yang terbentuk sejak 2019 lalu. Dan pihaknya melakukan penilaian kembali terkait Tingkat Maturitas Penanganan Insiden (TMPI) di Kabupaten Pati.

TMPI merupakan pemetaan tingkat kesiapan pemangku kepentingan dalam penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber. Dan CISRT merupakan tim yang dinilai.

“(CISRT) di Kabupaten Pati sebelumnya tahun 2019 sudah pernah kita lakukan, ini kita lakukan (penilaian) kembali,” tuturnya.

Setelah penilaian ini CISRT yang akan berada di bawah Diskominfo Kabupaten Pati dapat terdaftar di BSSN. “Dari sisi administrasi mungkin kami akan melakukan asistensi untuk persiapannya supaya CISRT yang ada di Kabupaten Pati ini bisa terdaftar di BSSN,” katanya.

Baca Juga :   Tempat Tidur Rumah Sakit Bagi Pasien Covid-19 Berkurang

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Tim Tanggap Insiden Siber Pati Dinilai BSSN”

Komentar

News Feed